PDIP Belum Tentu Usung Amir Uskara di Gowa

oleh

4MAKASSAR. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel tak belum tentu akan mengusung Amir Uskara menjadi calon bupati di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa akhir tahun ini. Tapi, partai berlambang Banteng Moncong putih ini tak mempermasalahkan jika ada kader partai politik yang berkonflik ikut mendaftar di partainya.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPD PDIP Sulsel, Dan Pongtasik melalui telepon selulernya, Senin (25/5/2015) di Makassar. Menurutnya, hingga saat ini pihaknya masih menyeleksi semua bakal calon bupati yang mendaftar di PDIP. “Kami tak membeda-bedakan pendaftaranya di PDIP. Semua peluang bakal calon bupati sama dalam mendapatkan dukungan PDIP di Pilkada akhir tahun ini,” jelansya.

Menurutnya, dalam menentukan pilihan dalam mengusung figur di Pilkada, pihaknya melihat kualitas dan kualifikasinya, termasuk popularitas maupun elektabilitas. “Hal yang pasti kami tak mau masuk dan melihat konflik PPP maupun Golkar. Siapa saja termasuk Amir Uskara tetap memiliki peluang dan kesempatan yang sama,”paparnya.

Namun, kata Dan Pontasik, jika konflik PPP bisa diselesaikan sebelum penentuan bakal calon akan menjadi peluang besar Amir uskara untuk mendapat dukungan.

Sebelumnya, Badan Pemilihan Umum (Bappilu) PDI Perjuangan Sulsel, Iqbal Arifin menyebutkan, masyarakat tidak lagi melihat warna partai calon bupati. Tapi, track recordnya. “Jika calon bupati mampu memberikan kepercayaan kepada pemilih untuk membangun daerah dan mensejahterakan rakyat, pastinya itu akan lebih baik,” paparnya.

Hingga saat ini PDI Perjuangan Sulsel belum menentukan sikap untuk mengusung bakal calon bupati. Sedang Amir Uskara dan Darmawangsyah Muin yang intens menyodorkan lamaran pencalonannya ke partai politik. Keduanya ngotot ingin mendapatkan dukungan PDIP.

Sementara DPD Partai Demokrat Sulsel menyatakan menolak kandidat yang berasal dari partai politik berkonflik. Bahkan Amir Uskara kemungkinan besar tidak diusung di Pilkada Gowa sebelum PPP islah.

Padahal nama mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel itu masuk dalam penjaringan bakal calon kepala daerah di partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD I Partai Demokrat Sulsel, Nimatullah menjelaskan, Amir Uskara terancam tidak mendapat rekomendasi usungan lantaran PPP sejauh ini masih berkonflik.

“Kami tidak ingin mengambil risiko. PPP masih berkonflik sama halnya dengan Partai Golkar,” katanya. (tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *