Ingin Tetap Langsing? Hindari Pernikahan Dini

oleh
ist

BERITA- Pernikahan dini ternyata ada hubungannya dengan obesitas. Menikah sebelum kuliah, menurut sebuah penelitian, menyebabkan kegemukan.Riset itu juga menyebutkan mendapatkan gelar sarjana ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Hasil studi tersebut membuktikan manfaat kesehatan itu berkurang untuk mahasiswa yang sudah menikah.

Penyebabnya, mereka cenderung makan lebih banyak dan lebih sedikit olah raga setelah menikah. Tanpa gelar sarjana, mereka juga jadi tak mampu membeli makanan yang sehat dan peralatan gym untuk menjaga berat badan.

Prof. Richard Miech dari Michigan University mengatakan,”Mereka yang menikah sebelum mendapatkan gelar sarjana sekitar 65 persen di kemudian hari mengalami obesitas dibandingkan mereka yang menikah setelah lulus kuliah.”

“Sementara gelar sarjana sudah lama terbukti ada hubungannya dengan kadar obesitas lebih rendah, hasil penelitian ini mengindikasikan manfaat kesehatan pendidikan tinggi itu tidak bertambah untuk mereka yang menikah sebelum lulus,” imbuhnya.

Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Health and Social Behavior dan melacak kehidupan hampir 14 ribu orang. Peserta penelitian itu direkrut dalam penelitian kesehatan di seluruh Amerka Serikat ketika mereka masih berusia 11 dan diikuti rata-rata sampai 28 tahun.

Prof. Miech dan rekan-rekannya membandingkan BMI masing-masing peserta sebelum dan sesudah lulus. Mereka juga melihat waktu pernikahan.

Mereka dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih digolongkan menderita obesitas. “Peserta penelitian yang mendapat gelar sarjana sebelum menikah cenderung menjalankan perubahan hidup terkait pernikahan tanpa mengubah kesehatan mereka,” kata Prof. Miech.

“Secara rata-rata, perubahan kehidupan perkawinan berhubungan dengan kenaikan berat badan karena olah raga jarang dilakukan dan konsumsi makanan naik. Namun pasangan baru yang lulus kuliah sebelum menikah punya penghasilan lebih baik. Artinya, mereka dapat menginvestasikan kesehatan dengan membeli keanggotaan gym atau membeli makanan sehat yang lebih mahal,” katanya.

Mereka yang punya gelar sarjana sebelum menikah juga cenderung memiliki ketrampilan pemecahan masalah. Hal ini membuat mereka mengatasi hambatan yang menghalangi mereka dari kebiasaan makan sehat dan olah raga setelah menikah.

“Di sisi lain, penelitian kami menemukan mereka yang punya gelar sarjana setelah menikah mungkin sudah punya pola makan dan olah raga yang lebih sulit diubah di kemudian hari,” tambahnya.

Penulis : Kontributor Health, Dhorothea
Sumber : Daily Mail

Tinggalkan Balasan