Pemkot Luncurkan Bank Sampah Online

BERITA MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto meluncurkan teknologi penimbangan sampah secara online.

Setiap bank sampah yang terbentuk di 14 kecamatan akan menggunakan timbangan dan terpantau langsung di warroom balai kota Makassar. Sehingga, jumlah produksi sampah setiap waktu terpantau dan menjadi data di Pemkot.


Direktur Eksekutif Yayasan Peduli Negeri (YPN), Saharuddin Eidwa mengatakan, pengelolaan sampah selama ini masih menggunakan cara manual. Dimana pencatatannya direkap setiap bulan. “Dengan inovasi Wali Kota ini, kami akan lebih mudah mendata jumlah sampah setiap hari,” katanya, Jumat (29/5/2015).

Kata dia, program tersebut diberi nama tangkasa’ rong, dimana hasil timbangan sampah masyarakat terpantau langsung. “Sampah masyarakat menengah keatas akan dijemput. Hasilnya diberikan ke warga low incum dengan beras,” ujarnya.

Saharuddin mengatakan, rencananya pekan ini pihaknya akan meresmikan pembentukan 60 bank sampah.

Sementara itu, Danny Pomanto mengatakan, bank sampah sejalan dengan program Makassar sombere dan smart city. Sombere lingkungan, sosial dan ekonomi. “Namanya pusat penanganan sampah yang smart,”paparnya. (tr)

Comment