Birokrat Bisa Kalahkan Politisi

MAKASSAR – Bicara soal kualitas dalam pemerintahan, figur berlatar belakang memiliki kelebihan dan kemampuan lebih dari politisi, akademisi maupun pengusaha. Selain kemampuan dan pengalaman, birokrat juga memiliki jaringan politik mapun bisnis. Sehingga, ketika menjadi kepala daerah mereka mampu membangun daerah dengan lebih baik.

Hal ini disampaikan, pengamat politik Universitas Bosowa 45, Arief Wicaksono kepada wartawan di Makassar, Senin (1/62015). Kata dia, pertarungan calon kepala daerah Desember tahun ini bakal seru. Setiap partai politik (Parpol) akan menyiapkan kader terbaiknya bertarung habis-habisan.


Hal yang tak kalah menarik, kata Arief, tampilnya beberapa birokrat senior dari pemerintah provinsi Sulsel yang turun kedaerah. “Mereka tak bisa dianggap enteng. Mereka adalah pamong senior dan memiliki kualitas, seperti Ir Lutfi Halide yang akan bertarung di Pilkada Soppeng, Yusuf Sommeng di Pilkada Kabupaten Gowa, serta Masykur A Sultan di Pilkada Kabupaten Bulukumba,” ujarnya.

Menurutnya, tiganya bisa menjungkalkan figur lain. Pasalnya, tak bisa dipungkiri, ada nada-nada ketidakpercayaan publik terhadap kader-kader Parpol. Fenomena itu muncul setelah, Jokowi yang bukan siapa-siapa di Parpol, mampu menjungkirkan lawan-lawannya.

Hal itu juga bisa terjadi di Sulsel, khususnya di tiga daerah tersebut. Birokrat Sulsel bisa menciptakan kejutan. Seperti Ir Lutfi Halide , dimana prestasinya tak bisa diragukan lagi. Ia masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Sulsel, Masykur A Sultan adalah kepala dinas perhubungan yang memiliki jaringan yang cukup luas.

Sedang Yusuf Sommeng, jelas Arief, adalah kepala inspektorat Pemprov Sulsel. Sejuta pengalaman dalam pemerintahan ada pada dirinya. Karirnya dimulai dari bawah, seperti pimpinannya saat ini, yakni Syahrul Yasin Limpo.

“Untuk itu, Parpol harus mewaspadai tiga birokrat ini,” paparnya.

Hal senada disampaikan Pengamat sosiologi politik Unhas, Andi Haris. Kata dia, pengalaman dan popularitas bisa jadi modal. “Sudah ada beberapa figur birokrat yang terbukti bisa merebut hati rakyat,” ujarnya.

Tapi, mereka masih membutuhkan pihak lain untuk merias mereka, termasuk peran konsultan, tim yang tangguh agar bisa meyakinkan masyarakat sebagai pemilih.

“Pengalaman di pemerintahan cukup strategis. Hal ini sangat dibutuhkan masyarakat dan daerah, untuk itu tidak salah jika masyarakat memilih mereka,” terangnya. (tr)

Comment