JK Ingin Buat Pulau Danau Tempe

WAJO, berita-sulsel.com – Kunjungan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (JK) membawa angin segar bagi masyarakat Kabupaten Wajo. Pasalnya, orang nomor dua di Indonesia ini berjanji akan mengeruk danau tempe dengan membuat pulau. Itu dikatakan saat usai mengunjungi Danau Tempe, Sabtu 6 Juni 2015 di Kabupaten Bone.

JK mengatakan, pemerintah siap mengalokasikan dana hingga Rp 2,7 triliun untuk pembuatan pulau tersebut. Pengembangan Danau Tempe nantinya juga diikuti dengan pengembangan pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Sulsel khusunya di Wajo.


Dana tersebut, akan digunakan untuk mengeruk Danau Tempe dan tanah hasil kerukan itu bakal digunakan membuat pulau dikawasan danau. Sehingga, saat air danau surut pada musim panas, pulau itu bisa dijadikan lahan pertanian. Pengerukan danau diharapkan dapat mengurangi tinggi muka air danau pada saat musim hujan.

“Berapa sanggupnya (bangun pulau di Danau Tempe)? Setahun apa dua tahun? Tiga tahun? Oke, tiga tahun. Jadi tahun 2018 kita datang lagi ke Wajo untuk melihat hasil pulau itu. Jadi kita setuju 3 tahun jalan,” ucap Wapres Jusuf Kalla.

Bagi masyakarat Wajo, yang sebagian besar petani dan nelayan, keberadaan Danau Tempe memiliki peran penting untuk kehidupan. Selama ini pasokan air untuk sawah di sekitarnya sangat bergantung dari aliran air Danau Tempe. Begitupun masyarakat yang mencari penghasilan dari tangkapan ikan di danau tersebut.(fth)

Comment