oleh

Dijilat, Bibir Semakin Kering

-Life Style, News-2.792 views
ilustrasi. ist
ilustrasi. ist

berita-sulsel.com – TIDAK hanya kulit tubuh yang memerlukan perawatan ekstra. Kulit bibir juga membutuhkannya. Bahkan kulit bibir termasuk salah satu yang memengaruhi kecantikan wajah Anda.

Saat bibir kering, banyak orang menjilat bibirnya. Padahal, langkah ini berdampak sebaliknya, membuat bibir makin kering. Inilah beberapa fakta tentang kulit bibir yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dikutip Allwomenstalk, Selasa (9/6/2015).

Tidak memiliki melanin

Berbeda dengan kulit lainnya, bibir tidak mengandung melanin apa pun. Itulah yang membuat warna bibir terlihat unik. Namun tanpa melanin, bibir Anda malah lebih berisiko terbakar sinar matahari. Oleh karena itu, rutinlah memakai lip balm dengan kandungan SPF sebelum Anda keluar rumah.

Menjilat bibir akan membuat bibir jadi kering

Mungkin Anda pernah menjilat bibir ketika merasa bibir Anda kering. Hal tersebut sebenarnya salah, karena itu hanya memiliki efek yang bersifat sementara.

Menurut para ahli, menjilat bibir sebenarnya mengeluarkan air liur yang malah membuat bibir tambah kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu saat bibir Anda kering, sebaiknya pakailah lip balm yang mengandung pelembap alami, daripada menjilat bibir Anda.

Kulit bibir memiliki lapisan sangat tipis

Kulit bibir memiiki lapisan yang sangat tipis, oleh karena itu kulit bibir sering mudah terkelupas dan terkadang meninggalkan luka bila kita menariknya tidak hati-hati. Perawatan bibir yang baik sangat diperlukan untuk menjaga tampilan bibir Anda agar tetap indah.

Kulit bibir butuh pengelupasan

Pengelupasan di sini bukan berarti Anda harus mengelupas bibir Anda secara paksa, namun merupakan perawatan alami yang dibutuhkan untuk membuang lapisan kulit bibir yang mati agar membuat bibir tampak segar dan bersinar.

Caranya, campurkan gula putih dan minyak zaitun di dalam satu wadah kecil, lalu gosokkan pada bibir Anda secara perlahan. Bila dilakukan secara rutin, hasilnya bibir Anda akan terasa lembut dan cerah.

Bibir akan berubah sesuai usia

Tidak hanya kulit tubuh Anda yang akan berubah di saat usia Anda bertambah nanti. Hal ini juga berlaku pada kulit bibir. Terlebih kulit bibir memiliki lapisan yang tipis, dan rentan terhadap keriput dan garis-garis halus di sekitar bibir. Oleh karena itu di saat usia Anda sudah semakin tua, mulailah konsultasi dengan dokter kulit untuk melakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat sesuai untuk usia Anda. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed