Semakin Tua, Pria Semakin Sulit Punya Keturunan

Pria semakin sulit punya anak
Pria semakin sulit punya anak

berita-sulsel.com – Pepatah mengatakan bahwa sel telur wanita mirip dengan susu UHT yang memiliki tanggal kedaluwarsa, sementara sperma pria seperti wine yang semakin lama disimpan semakin berkualitas. Namun faktanya ternyata tak demikian. sebuah penelitian mengungkap bahwa sperma pria juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Semakin tua, kualitas dan kuantitas sperma pada pria semakin menurun.

Penelitian yang dilakukan oleh Stanford University menemukan bahwa kualitas cairan sperma pada pria juga bisa menurun ketika usia mereka bertambah. Namun ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti bekerja terlalu keras, memiliki tekanan darah tinggi, dan mengonsumsi terlalu banyak obat, seperti dilansir oleh Medical Daily (09/03).


Penelitian sebelumnya juga mengungkap bahwa olahraga yang terlalu keras juga bisa menurunkan kualitas sperma. Berolahraga terlalu keras menurunkan tingkat testosteron dan pada akhirnya mempengaruhi kualitas sperma.

Hasil penelitian yang terbaru didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 456 pria dengan usia sekitar 32 tahun. Mereka menemukan bahwa 13 persen pria yang bekerja keras memiliki jumlah sperma yang lebih rendah. Sementara itu, 21 persen pria yang memiliki tekanan darah tinggi juga diketahui memiliki kualitas sperma yang lebih rendah.

Kabar baiknya, menurut Dr Germains Buck Louis, adalah bahwa faktor-faktor yang bisa menurunkan kualitas sperma tersebut bisa dihindari. Seperti meningkatkan gaya hidup yang menyehatkan, pola makan yang baik, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan lainnya. (ft)

 

Comment