oleh

Golkar Tak Usung Kader di Gowa

-News, Politik-1.193 views
Golkar tak mengusung kader di Pilkada Gowa
Golkar tak mengusung kader di Pilkada Gowa

berita-sulsel.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Gowa, Tenri Olle Yasin Limpo memastikan partainya memberi ruang dan peluang bagi figur eksternal untuk mengendarai Partai Golkar di Pilkada akhir tahun ini.

“Peluang bagi figur dari luar tetap terbuka untuk mendaftar di Partai Golkar guna diusung di Pilkada mendatang, termasuk dari birokrat seperti Yusuf Sommeng” kata Tenri, Jumat (12/6/2015).

Kakak kandung Gubernur Sulsel ini mengatakan, Golkar memiliki mekanisme baku dalam mengusung kandidat di Pilkada. Mekanisme itu diberlakukan kepada seluruh kandidat, baik dari kader internal atau eksternal. “Apakah yang diusung kader atau tidak, hal terpenting dapat diterima oleh masyarakat, memiliki kemampuan dan dedikasi yang baik,” ujarnya.

Diketahui, sejumlah figur eksternal disebut-sebut membidik Partai Golkar untuk bertarung dalam Pilkada Kabupaten Gowa. Mereka diantaranya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gowa Abdul Rauf Karaeng Kio, mantan Sekretaris Daerah Gowa Yusuf Sommeng, Khairil Muin, Firmansyah Mappasawang, dan Bahar Ngitung.

Sedangkan dari internal, Golkar Gowa yakni Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Gowa Mapparessa Tutu, Ketua DPRD Gowa Ansar Zainal Bate, Mantan Ketua DPRD Gowa Ansar Usman, Ketua Fraksi Golkar Andi Ishak, dan Ketua Komisi III DPRD Gowa Akbar Danu Indarta.

Tenri juga menanggapi datar soal revisi Undang-Undang Pilkada di DPR RI yang hampir pasti membatasi dinasti politik untuk bertarung di Pilkada. “Pengabdian itu bisa dimana saja, apakah di pemerintahan atau di legislatif. Jadi tidak ada masalah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Gowa, Andi Hikmawati Andi Kumala mengatakan, pihaknya telah menyerahkan empat nama calon bupati yang mendaftar ke PDIP ke DPD PDIP Sulawesi Selatan. Keempat nama tersebut yakni Yusuf Sommeng, Amir Uskara, Andi Maddusila Andi Idjo, dan Hasan Hasyim.

Menurut Hikmawati, keempat calon ini sudah memenuhi persyaratan pengusulan ke DPD. “Soal siapa nanti yang akan diusung, bukan kami yang menentukan, tapi DPD dan pusat. Kami cuma menjalankan proses tahapan penjaringan,” ujarnya. (ft)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed