Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015

Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015
Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015

berita-sulsel.com – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof. Dr. Masrurah Mokhtar, MA didampingi Wakil Rektor II Dr. Ir. Iskandar BP, MSc, Wakil Rektor III Prof. Dr. Achmad Gani, SE, MSi, Wakil Rektor IV Drs. M. Zain Irwanto, MA dan Dekan Fak. Dekan FTI UMI Ir. H. Zakir Sabara HW, MT mengunjungi dan memberi semangat ke kafilah UMI yang ikut Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2015 di Kampus UI Depok, Rabu siang (5/8/15)

Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke 14 tahun 2015 dibuka Sekjen Kemenristek Dikti Prof. Ainun Naim, PhD, di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, hal ini ditandai dengan pemukulan beduk, didampingi Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Aries, Sabtu (1/8/2015) malam.


MTQ Mahasiswa tahun 2015 akan berlangsung sampai tanggal 8 Agustus, merupakan MTQMN yang terbanyak pesertanya, diikuti 168 perguruan tinggi dengan jumlah peserta 1863 orang, mengusung tema “Membentuk mahasiswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlakulkarimah menyongsong Indonesia emas”.

Kafilah UMI yang mengikuti MTQMN berjumlah 44 orang, 28 orang sebagai peserta, sisanya sebagai official dan pendamping pada masing-masing lomba.

Ada 13 jenis lomba yang dipertandingkan, yaitu Tartil Quran, Debat pengetahuan alquran dalam bahasa arab dan inggris, Karya tulis ilmiah, Hifzhil Quran untuk 1 juz , 5 juz dan 10 juz, Fahmil/cerdas cermat quran, Syarhil quran, Khathil quran, Qiraat Sab`ah, Tilawatil quran dan Desain aplikasi alquran berbasis komputer. Semua jenis lomba diikuti kafilah UMI.

Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015
Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015

Ketua Kafilah MTQMN UMI Ir. Mukti Maruddin, MT yang juga Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMI mengatakan, kehadiran Rektor UMI dan rombongan di arena MTQMN memberi semangat dan motivasi kepada kafilah UMI untuk tampil maksimal dan memberikan yang terbaik bagi UMI.

Kata dia, penampilan mahasiswa UMI pada berbagai lomba MTQMN, baik hari pertama, kedua dan ketiga penampilannya sangat menggembirakan. Terbukti ada beberapa lomba yang berhasil masuk semi final yaitu Debat pengetahuan alquran dalam bahasa Inggris dengan peserta Khairunnisa Adiaty Yahya dan Nur Atikah Harmianty Putri, Debat pengetahuan alquran dalam bahasa arab dengan peserta Badrussalam Akmal dan Andi Nurul Fasty Batari dan Fahmil quran dengan peserta Andi Rahmad, Muh. Yasin, Mallombasang.

“Mereka yang lolos ke final yaitu lomba Tilawatil Quran Putra dengan peserta Rizal dan lomba Khaththil/Kaligrafi Quran putra,” ujarnya.

Selama berlangsung MTQMN di Kampus UI Depok, antara lain bazar buku, kuliner, fishion islami, pameran kemegahan alquran, talk show, tablig akbar dan bedah buku.

Jenis lomba dan nama Kafilah Mahasiswa UMI MTQMN :
1. Tilawatil Quran : Rizal (putra) dan Sri Yuli (putri)
2. Tartil/tadarrus Quran putra : Syahru Ramadhan (putra) dan Nur Agung (putri)
3. Hifzhil/hafal Quran 1 juz : Ahmad Mutawalli (putra) dan Musfirah (putri)
4. Hifzhil Quran 5 juz : Nastainul Haq (putra) dan Baiq Faridatul Jannah (putri)
5. Hifzhil Quran 10 juz : Chandra Andy Saputra (putra) dan Miftahul Jannah (putri)
6. Qira”at Sab”ah : Muh. Junaidin (putra)
7. Khaththil Quran/Kaligrafi Quran : Idhar (putra) dan Arfiani Ayuzar (putri)
8. Fahmil/Cerdas Cernat Quran : Andi Rahmad, Muh. Yasin dan Mallombasang
9. Syarhil/Ceramah Quran : Fitrianingsih Nagara, M. Fahrir Rahman dan Nur Ida
10. Karya Tulis Ilmiah : Restuan Lubis dan Aprilia Fatma Ely
11.Debat Pengetahuan Alquran Dalam Bahasa Arab : Badrussalam Akmal dan Andi Nurul Fasty Batari.
12.Debat Pengetahuan Alquran dalam Bahasa Inggris : Khairunnisa Adiaty Yahya dan Nur Atikah Harmianty Putri
13. Desain Aplikasi Alquran Berbasis Komputer : Raden Mirza Abdul Azis, Santun Nuristikomah dan Sitti Rahayu.

Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015
Rektor UMI Kunjungi Kafilah UMI MTQMN 2015


Comment