Kemenristek Dikti Bangun Taman Teknologi di Sinjai

Kemenristek Dikti Bangun Taman Teknologi di Sinjai

Kemenristek Dikti Bangun Taman Teknologi di Sinjai

Kemenristek Dikti Bangun Taman Teknologi di Sinjai

Kordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir.Andi Niartiningsih, MP foto bersama dengan Bupati Sinjai, Sabirin Yahya dan pimpinan PTS se-Kabupaten Sinjai serta staf bupati Sinjai.

BERITA-SULSEL.COM – Kemenristek Dikti RI akan membangun Taman Teknologi atau STP (Science and Technology Park). Realisasi dari keinginan itu Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir Andi Niartiningsih, MP yang merupakan perpajangan tangan Kementrian Ristek dan Dikti RI di daerah melakukan tatap muka dengan Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya, S.Sos di kantor Bupati Sinjai, Jumat 18 September 2015.

Semula pertemun ini akan dilakukan sendiri oleh Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti, Dr. Ir. Jumain Appe, MSc, tetapi karena tiba-tiba ditunjuk mewakili Menteri Ristek pada seninar internasional di acara Sail Tomini di Palu, sehingga pertemuan tersebut diwakilkan kepada Kordiantor Kopertis IX Sulawesi.


Baca juga : Kopertis IX Sulawesi Diskusikan Jual Beli Ijazah

Selama pertemuan Kordiantor Kopertis IX Sulawesi didampingi, Ketua STISIP Muhammadiyah Sinjai, Drs.H.Marzuki Ali, M.Pd, Ketua STIP Muhammadiyah Sinjai, Ir.H.Baharuddin Masruhing, M.Si, Ketua BPH kedua kampus itu, Dr.H.Adi Djamaluddin Ramli, M.Si. Bupati Sinjai didampingi Sekkab Sinjai, Drs.H.Thayep Mappase dan kadis perikanan dan kelautan serta kadis pertanian.

Taman teknologi ini menurut Guru Besar Ilmu Kelatan UNHAS ini, merupakan salah satu dari program unggulan Presiden Jokowi, Sembilan Agenda Prioritas (Nawa Cita0. Butir keenam dari Nawa Cita , disebutkan akan membangun sejumlah science dan technopark di daerah, menggunakan sarana dan prasarana berteknologi terkini. Program itu ditindaklanjuti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, akan membangun 100 technopark di kabupaten/kota dan 35 science park di provinsi sebagai upaya meningkatkan produktivitas dalam negeri berbasis nilai tambah.

“Program STP ini memotivasi dan mengelola aliran pengetahuan dan teknologi di antara perguruan tinggi, lembaga riset, perusahaan dan pasar, guna memfasilitasi penciptaan dan pertumbuhan perusahaan berbasis inovasi melalui inkubasi dan proses spin-off, dan menyediakan layanan nilai tambah lainnya dengan fasilitas lebih berkualitas,” ungkap wanita kelahiran Sinjai ini.

Baca juga : Sekolah Tinggi YAPIM Jadi Universitas

Bupati Sinjai, Sabirin Yahya merespon positif dengan rencana taman teknologi itu dan bersiap untuk menyediakan lahan guna menyukseskan program itu. Kabupaten Sinjai memiliki potensi perikanan dan kelautan, pertanian dan peternakan yang dapat menjadi obyek dari program itu.

“Kampus juga ada beberapa di Sinjai yang kelak menjadi mitra dalam menyukseskan program ada, STISIP Muhammadiyah Sinjai, STIP Muhammadiyah Sinjai, STAIM Sinjai, serda ada akademi kebidanan,”tandas Sabirin. (ft)

Comment