Mental Pejabat Indonesia “Keblinger”

Mental Pejabat Indonesia "Keblinger"

Mental Pejabat Indonesia "Keblinger"

Mental Pejabat Indonesia "Keblinger"
Rizal Ramli

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli kembali memberikan kritikan pedas atas perilaku banyak pejabat di Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang amat disayangi oleh Tuhan. Hal itu dibuktikan dengan limpahan berkah dan nikmat seperti kekayaan alam dan tanah yang subur serta keragaman budaya.

Namun sayang, kata Rizal Ramli, bangsa Indonesia belum mampu memaksimalkan karunia yang diberikan tuhan kepadanya. Hal ini disebabkan perilaku manusianya, khususnya para pejabat negara.


“Sebagai caontoh, negara kita ini punya utang. Kalau mau berfikir, kekayaan alam kita begitu berlimpah, bahkan memiliki minyak bumi yang berlebihan. Sekali lagi ini karena kita tidak mengembangkan downstream industri maka golden opporunity lewat gitu saja, malah sekarang kita menjadi net importir,” jelas Rizal Ramli saat menjadi keynote speaker di acara seminar nasional bertajuk “Kesiapan Bangsa dan Strategi Menghadapi Krisis Energi Nasional” di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Kata dia, negara tidak pernah punya rekam jejak yang baik dalam mengelola tambang, padalah barang tambang Indonesia melimpah. Hal ini disebabkan ulah pejabat yang mentalnya kebelinger.

“Mumpung masih ada cadangan, seharusnya dirumuskan strateginya sebelum menjual, sehingga nilai yang dihasilkan jumlahnya besar,” ujarnyam

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu menjelaskan, Presiden Joko Widodo saat ini secara tegas telah menyatakan bahwa kekayaan alam harus digunakan sebesarnya untuk kesejahteraan rakyat. (tfh)


Comment