LSP Politani Pangkep Ikuti Pelatihan Verifikasi TUK

LSP Politani Pangkep Ikuti Pelatihan Verifikasi TUK

LSP Politani Pangkep Ikuti Pelatihan Verifikasi TUK

LSP Politani Pangkep Ikuti Pelatihan Verifikasi TUK
LSP Politani Pangkep Ikuti Pelatihan Verifikasi TUK

PANGKEP, BERITASULSEL.COM – Guna meningkatkan kualitas SDM LSP dan mendukung program percepatan sertifikasi kompetensi menuju Indonesia Kompeten. LSP Politani Pangkep kembali mengirimkan 2 orang peserta dalam pelatihan Verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Pelatihan verifikasi ini dilaksanakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Jakarta. Senin sampai Kamis (26-29/10/2015) lalu. Sebanyak 180 orang peserta yang dibagi didalam 8 kelas berbeda merupakan utusan dari LSP dan Calon LSP dari seluruh Indonesia. Dalam pelatihan tersebut, LSP Politani Pangkep menugaskan Ir.Andi Asdar Jaya, MSi dan Ahmad Daud sebagai peserta.


Ketua BNSP Ir. Sumarna F. Abdurahman M.Sc menjelaskan bahwa TUK memiliki peran strategis dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi.

“TUK menjadi ujung tombak dalam memastikan kompetensi yang dimiliki oleh seseorang telah sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ujarnya.

Lanjut, Sumarna menambahkan untuk itu, sangat penting menjamin kelayakan TUK sebagai sebuah tempat uji memenuhi persyaratan sesuai pedoman BNSP dan persyaratan teknis lainnya.

“Disinilah peran seorang verifikator dibutuhkan untuk melakukan verifikasi tempat uji sebelum digunakan,” ungkapnya.

Sementara Direktur Politani Pangkep, Andi Asdar Jaya yang juga bertindak sebagai peserta pelatihan mengaku sangat bersyukur diberi kesempatan oleh BNSP mengikuti kegiatan tersebut.

“Hal ini tidak terlepas dari ditetapkan Politani Pangkep sebagai TUK mandiri dari LSP Kelautan dan Perikanan dan posisinya sebagai pusat kegiatan sertifikasi kompetensi sector perikanan di kawasan timur Indonesia,”.

Menurut, A.Asdar, penguasaan system manajemen TUK yang baik tidak hanya akan meningkatkan pelayanan uji kompetensi di TUK Politani Pangkep tetapi juga berpeluang menambah TUK melalui kerja sama dengan SMK perikanan.

“Mengingat sesuai kesepakatan BNSP dengan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Dikdasmen mulai tahun 2015 ini siswa SMK akan mengikuti uji kompetensi/sertifikasi kompetensi mengacu pada sistem BNSP sebagai sistem nasional yang pastinya akan banyak membutuhkan tempat uji kompetensi,” bebernya.

Sekedar diketahui sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, LSP Politani Pangkep akan melakukan koordinasi dengan seluruh SMK perikanan se Sulselbar dalam waktu dekat untuk menyamakan persepsi dan melakukan kerjasama uji kompetensi. (yus/amp)

Baca Juga

Politani Pangkep Gelar Pelatihan Asesor

Dua Atlet Taekwondo Politani Raih Medali Perak di Kejurnas Poltek Cup

Taekwondo Politani Rekrut 63 Calon Atlet

Comment