oleh

Bone Juara Umum Jambore PKK

Bone Peserta Jambore PKK Terbanyak
Bone Juara Umum Jambore PKK

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Kabupaten Bone berhasil menjadi juara umum pada Jambore Kader Dasawisma dan Sarasehan PKK Sulsel di gedung Celebes Convention Center (CCC) Tanjung Bunga, Makassar, yang berakhir pekan lalu.

Bone berhasil mengalahkan 23 kabupaten/kota lainnya karena dinyatakan unggul dalam berbagai kategori yang menjadi dasar penilaian pada jambore tersebut, seperti keterlibatan peserta, kreatifitas, dan kekompakan tim.

Dengan perolehan ini, Bone menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang berhasil meraih juara umum empat kali berturut-turut selama pelaksanaan jambore PKK di Sulsel.

“Tentu kami merasa bangga dengan hasil ini. Sebelumnya memang kami menargetkan untuk juara umum lagi sehingga berhasil menjadi juara empat kali berturut-turut. Menghadapi jambore ini, kami sudah melakukan persiapan matang karena kami sadar bahwa mempertahankan juara itu jauh lebih berat dibandingkan untuk merebutnya,” kata Ketua PKK Bone Kurniati Fahsar di Makassar, Minggu (1/11/2015).

Menurutnya, rombongan PKK Bone memang sedang dalam kondisi terbaik dan sudah sepadan dengan hasil yang telah diraih.

Bone memang sedang beruntung pada jambore ini, karena selain juara umum, Ketua Tim Penggerak PKK Bone, Ny Kurniati Fahsar, juga berhasil meraih Adi Bhakti Pratama sebagai penghargaan untuk kader yang telah berbakti selama 21 tahun.

Selain dengan posko PKK yang kreatif, berbagai kreatifitas juga menjadi penilaian termasuk beberapa produk khas Bone yang dipamerkan, seperti kerajinan tangan dan hasil produksi pertanian.

Sementara, pada devile budaya, Bone tampil kolosal dengan peserta terbanyak yakni memboyong 1.400 peserta jambore dan seluruhnya ikut dalam karnaval budaya yang mengawali pembukaan jambore. Bone memeragakan berbagai atraksi dalam karnaval itu.

Beberapa atribut yang digunakan pada masa Kerajaan Bone juga dipamerkan pada karnaval, seperti Bendera Semparajae. Kini Semparajae digunakan sebagai pin atau lambang Kabupaten Bone.

Beberapa pemangku jabatan dari kalangan perempuan di Bone juga diperkenalkan melalui karnaval, seperti camat wanita, lurah wanita, anggota DPRD wanita, dan kepala dinas, kepala bagian yang umumnya dijabat wanita.

Di depan Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi, Gubernur Sulsel Syahrul YL mengaku salut dengan kehadiran karnaval Bone yang ditampilkan secara kolosal. Gubernur menilai, Bupati Bone sangat kreatif dalam menampilkan karnaval tersebut, yakni secara kolosal dan mempertahankan budaya-budaya masa lampau.

Bupati Fahsar mengaku bahwa seribuan kader yang dibawa itu merupakan salah satu kerja-kerja kreatif yang tentu saja menjadi kebanggaan masyarakat Bone. (*)

Baca Juga

Bone Peserta Jambore PKK Terbanyak

Balon Kades di Bone Sepakat Siap Menang, Siap Kalah

Amankan Pilkades, Polres Bone Siapkan 354 Personel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed