Satlantas Polres Bone Perketat Pembuatan SIM

Satlantas Polres Bone Perketat Pembuatan SIM

Satlantas Polres Bone Perketat Pembuatan SIM

Satlantas Polres Bone Perketat Pembuatan SIM
Satlantas Polres Bone Perketat Pembuatan SIM

BONE,BERITASULSEL.COM – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bone memperketat proses pembuatan dan pengeluaran surat izin mengemudi (SIM) bagi pengendara. Ketatnya pembuatan SIM ini disebabkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Bone.

Kapolres Bone, AKBP Yuliar Kus Nugroho melalui Kasat Lantas AKP Irwan mengatakan, pihaknya sengaja memperketat pembuatan SIM untuk melakukan evaluasi terkait penyebab tingginya angka laka lantas di daerahnya, khususnya untuk pengendara roda dua.


“Sampai saat ini masih banyak warga yang kurang paham, dan tidak tahu tata tertib berlalulintas, serta arti dari rambu-rambu jalan,”ujarnya, Selasa (3/11/2015).

Mantan Kasat Lantas Polres Sinjai INI menjelaskan, guna pengambilan SIM di Mapolres Bone, pemohon harus melalui serangkaian tes, salah satunya tes Audio Visual Integrated System (AVIS). Setiap pemohon akan menjalani tes lewat komputer.

“Bukan hanya tes itu dilakukan, namun juga pemohon langsung mengikuti ujian praktek simulator. Setelah dinyatakan lulus dari tes, pemohon akan menjalani praktek langsung dengan menggunakan motor yang disiapkan di Satlantas Polres Bone,”jelasnya.

Sekedar diketahui, sebelum menjalani tes praktek ini pemohon akan diberi pengarahan bagaimana cara menjalani tes dan diberi rompi khusus ujian untuk dikenakan, selanjutnya pemohon akan menjalani tes yang terdiri dari tiga rangkaian.

Pertama, pemohon jalan lurus di antara pembatas dengan lebar ± 1 meter. Kedua, jalan membentuk putaran seperti angka 8, dan yang ketiga jalan secara zigzag dimana jarak antara 1 palang dengan yang lain kurang lebih 1,5 – 2 meter.

“Perlu diingat, jika Anda ingin lulus dalam tes ini, harus memperhatikan keseimbangan saat menggunakan kendaaraan, kaki tidak boleh menginjak tanah dan tidak boleh menyenggol palang pembatas yang telah terpasang,” terangnya.(yus/amp)

Baca Juga

Kapolres Bone Apresiasi Kontes Batu

Amankan Pilkades, Polres Bone Siapkan 354 Personel

Satlantas Polres Bone Beri Hadiah Kepada Pengendara Patuh Berlalu Lintas

Polair Polres Bone Bagikan Air Bersih

Comment