Sambut MEA, Politani Sertifikasi 1360 Calon Tenaga Kerja

Sambut MEA, Politani Sertifikasi 1360 Calon Tenaga Kerja
Sambut MEA, Politani Sertifikasi 1360 Calon Tenaga Kerja

PANGKEP,BERITA-SULSEL.COM – Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Politani Pangkep) telah mempersiapkan beberapa program untuk mendukung pemerintah dalam menyambut pemberlakuan era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Program tersebut, yakni pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan mengadakan revisi kurikulum berbasi kompetensi (KKNI), pelatihan/magang staf pengajar baik di dalam mau pun luar negeri serta pembentukan lembaga sertifikasi profesi (LSP),”ujar Direktur Politani Pangkep, Ir. Andi asdar Jaya, MSi di Pangkep, Minggu (29/11/2015).


Menurut, Andi Asdar mengungkaplam bahwa LSP Politani Pangkep saat ini telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yaitu lembaga yang memiliki otoritas menerbitkan sertifikat kompetensi kerja di Indonesia.

“Dengan terbitnya lisensi dari BNSP, mulai tahun depan alumni Politani Pangkep tidak hanya menerima ijazah pada saat dinyatakan lulus tetapi juga akan dibekali sertifikat kompetensi kerja sesuai bidang keahlian masing-masing,”ungkapnya.

Terpisah Ketua LSP Politani Pangkep, A.Yuslim Patawari, STP,MTP mengatakan selain membentuk LSP, Politani Negeri Pangkep juga aktif melakukan kerjasama terkait dengan program sertifikasi kompetensi.

“Saat ini Politani Pangkep telah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk bidang Perikanan, Pertanian dan Peternakan, pada bulan September dan Oktober kemarin, Politani Pangkep telah bekerjasam dengan LSP Kelautan dan perikanan (LSP KP) untuk melakukan sertifikasi kompetensi terhadap 200 penyuluh perikanan se-Sulawesi,”bebernya.

Langjut, A.Yuslim mengatakan berdasarkan hasil evaluasi LSP KP, TUK Politani Pangkep dinyatakan sebagai penyelenggara terbaik dari 34 TUK di Indonesia bahkan Direktur Politani Pangkep dinobatkan sebagai koordinator asesor kelautan dan perikanan untuk Indonesia Timur oleh LSP Kelautan dan Perikanan.

Sementara Sekretaris LSP, Ahmad Daud menambahkan, pada bulan November ini, Politani Pangkep bekerjasama dengan beberapa LSP dan BNSP akan melakukan sertifikasi kompetensi bagi 1.360 orang calon/tenaga kerja untuk sector perikanan, pertanian dan peternakan.

“Program sertifikasi kompetensi kerja tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa politani tetapi juga alumni Politani dan perguruan tinggi lain serta karyawan/tenaga kerja yang bekerja di perusahaan perikanan, pertanian dan peternakan,”tambahnya.

Sekedar diketahui, Proses uji kompetensi yang telah berlangsung sejak tanggal 9 November lalu dengan dilaksanakan di tiga lokasi kampus yaitu kampus Politani di Pangkep, PDD Kabupaten Sidrap dan PDD Kabupaten Barru.

Untuk mendukung pelaksanaan sertifikasi kompetensi, tahun ini Politani Pangkep telah melaksanakan pelatihan asesor kompetensi bekerjasama dengan BNSP sebanyak 3 angkatan dengan jumlah asesor yang dinyatakan lulus sebanyak 58 orang. Sampai saat ini jumlah asesor kompetensi yang dimiliki LSP Politani Pangkep sebanyak 77 orang dari berbagai bidang kompetensi.

Pada tahun 2016 mendatang, Politani Pangkep kembali mengalokasikan anggaran untuk menambah jumlah asesor kompetensi dan pengembangan skema sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan daya saing alumni di pasar kerja dan mendukung program pemerintah dalam menyiapkan diri memasuki pasan ASEAN. (Yus)

Baca Juga

LSP Politani Gelar Serifikasi Profesi Tenaga Kerja

UKM Taekwondo Politani Gelar Mubes ke 25

Dua Atlet Taekwondo Politani Raih Medali Perak di Kejurnas Poltek Cup

BEM Politani Desak Kejaksaan Pangkep Tuntaskan Gedung PKM

Comment