AIM Buat Petisi Bantu Berdayakan Warga Dangko

Penulis: Muh Saleh
(Tim Media AIM)

AIM Buat Petisi Bantu Berdayakan Warga Dangko
AIM Buat Petisi Bantu Berdayakan Warga Dangko

Komunitas yang menghimpun anak muda asal Makassar yang bernama Aksi Indonesia Muda (AIM) aktif melakukan pemberdayaan masyarakat marjinal buat petisi bantu berdayakan warga dangko, mereka anak muda yang tergabung dalam sebuah gerakan sosial Aksi Indonesia Muda (AIM) memberdayakan para pengemis (eks kusta) di jalan dangko jongaya.


Pendiri Aksi Indonesia Muda (AIM), Derry Perdana Munsil mengatakan, melihat berbagai kebijakan dari pemerintah Kota Makassar yang luar biasa hanya untuk melakukan pencitraan. Namun, dibalik Makassar menuju kota dunia dengan peraih adipura, masih banyak warganya berprofesi sebagai pengemis, khususnya penderita eks kusta. Mereka belum mendapat perhatian serius.

Beberapa bulan terakhir, Pemkot Makassar sangat giat menangkap para pengemis maupun anak jalanan disetiap sudut jalan kota Makassar. Setelah ditangkap, tidak jarang pula roda-roda yang mereka pakai (cacat fisik) disita oleh petugas.

Sehingga kami bertanya ke banyak para pengemis yang tinggal di kampung Dangko Makassar terkait alasan utama mereka mengemis. Hasilnya mereka mengatakan:

1. Mereka mengemis karena tidak punya keahlian, minim akses, cacat fisik dan tidak ada modal.

2. Mereka dibelit dengan banyak kebutuhan hidup, makan, biaya sekolah, dan perobatan sanak keluarga.

3. Mereka mengemis karena tidak punya pilihan lain, dari pada harus mencuri dan sebagainya. Selain itu, mengemis cara yang instan dan banyak menghasilkan.

Derry Juga menambahkan bahwa Terlepas dari hal diatas, ada satu hal yang kami tangkap yaitu, mereka punya kemauan untuk bekerja jika saja ada yang mau memfasilitasi mereka. Mereka juga manusia, punya rasa malu jika terus terusan haru mengemis dijalanan Sekarang semenjak adanya patrol pengamanan pengemis dan anak jalanan dijalan-jalan, akhirnya mereka hidup terkatung-katung tidak tahu harus berbuat apa dan jumlahnya sangat banyak yang berdomisili dikampung Dangko (Kompleks Jongaya, Kel.Balangbaru Makassar). Sekarang mereka butuh uluran tangan kita semua demi nama kemanusiaan, bukan hanya ditangkap! ‪#‎SAVEDANGKO

Baca juga

IAM Ingin Libatkan Warga Makassar Kampanye Sosial

AIM Bersama Disperindag dan Dekranas Latih Warga Dangko

Prasojo Yekti Perdana, Anak Muda Makassar Lolos ke Taiwan

Dua Anak Muda Makassar Ikut Pekan SLF 2015

Comment