Penderita HIV/Aids di Bone Capai 30 Orang

Penderita HIV/Aids di Bone Capai 30 Orang
Penderita HIV/Aids di Bone Capai 30 Orang

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Selama lima tahun terakhir, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bone mencapai 30 orang. Pasalnya para penderita HIV/AIDS masih dalam usia produktif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, dr.H.A.Khasma Padjalangi,M.Kesmengatakan selama lima tahun terakhir ini total jumlah penderita yakni 30 orang dan terbanyak pada tahun 2011 lalu.


A.Khasma yang kakak kandung Bupati Bone, A.Fahsar menjelaskan, penderita HIV/AIDS di Bone sebagian besar dari kaum laki-laki.

“Mereka pada umumnya terjangkit virus mematikan ini dari luar daerah, dan kembali ke daerah asalnya dalam keadaan sakit parah. Mereka berasal dari berbagai profesi dan dalam usia produktif. Namun, sebagian besar di antara mereka tidak mengetahui kalau diri terkena virus HIV/AIDS, setelah mereka datang memeriksakan diri. Awalnya hanya memeriksakan penyakit sepeti TBC namun setelah dites laboratorium ternyata positif HIV,”jelasnya, Selasa (1/12/2015)

Mantan Direktur Rumah Sakit (RS) Sayang Rakyat ini mengharapkan agar tetap rutin menjaga kesehatan dengan selalu berolahraga.

“Mereka yang sudah mengetahui sejak awal dirinya terkena HIV/AIDS sebenarnya bisa bertahan hidup lebih lama jika rajin elakukan pemeriksaan kesehatan dan minum obat, serta mendapat dukungan semangat untuk terus bertahan hidup,”ungkapnya.

Sekedar diketahui jumlah kasus penderita HIV/AIDS yang ditemukan di Kabupaten Bone selama kurun waktu lima tahun terakhir yakniy tahun 2011 sebanyak 15 orang, tahun 2012 sebanyak 5 orang, tahun 2013 sebanyak 3 orang, tahun 2014 sebanyak 5 orang dan tahun 2015 sebanyak 2 orang. (Yus)

Baca Juga

Biro Bina Napza dan HIV AIDS Sulsel Sulsel Dalam Pencitraan, Gagal Dipindakan

Seks Penyebab Utama Penyebaran AIDS

Posisi Sulsel di Atas Rata-Rata Nasional

Tenaga Kesehatan Belum Mampu Jawab Tantangan

Mulut Kering, Ini Penyebabnya


Comment