Eksistensi Perpustakaan di Tengah Gempuran Teknologi

Nur Hikmawati
Nur Hikmawati

Laporan : Nur Hikmawati
Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Prodi Komunikasi Penyiaran Islam

Kesibukan para pencari ilmu seperti biasanya terlihat dimana-mana, seperti rutinitas harian di Samata-Gowa, tepatnya di kampus peradaban Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Gadget dan teknologi canggih lainnya bagai surat dan perangko yang tak bisa lepas dari keseharian civitas akademika kampus.


Eksistensi buku yang dianggap merupakan jendela dunia di zaman serba digital seperti saat ini, sepertinya sudah pantas dipertanyakan. Perkembangan teknologi informasi yang setiap detik dapat melaju cepat memaksa siapapun yang hidup di zamannya harus secepatnya melakukan penyesuaian diri.

Seperti halnya perpustakaan, jika dahulu hanyalah sebuah ruangan kecil dengan rak seadanya dan terisi buku usang, kini perpustakaan pun di bangun sudah sedemikian rupa, guna menarik minat baca kawula muda hingga dewasa. Perpustakaan seakan sudah menjadi barang wajib setiap institusi pendidikan, ruang baca tersebut haruslah dibuat seefisien dan senyaman mungkin demi mewujudkan pencerdasan kehidupan berbangsa.

Gempuran teknolog semakin gencar seakan menjadi cambuk untuk terus melakukan inovasi. Salah satu inovasi dari kampus peradaban tersebut, ialah baru-baru ini dilakukan pengecatan langit-langit lantai dasar dan perombakan tata letak tempat peminjaman dan pengembalian buku.

UIN --Foto Ilustrasi perpus uin alauddin-ok
Eksistensi Perpustakaan di Tengah Gempuran Teknologi

Warna biru dan kuning terang mendominasi lantai dasar gudang ilmu tersebut, dengan warna cerah sekaligus terang diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi mahasiswa dan civitas akademika kampus dalam mencari ilmu dan mengupdate informasi terkini. Berbagai fasilitas yang disediakan sedikit banyak telah memberikan kepuasan bagi pengunjung perpustakaan.

Kerapihan dan kebersihan yang selalu terjaga menambah kenyamanan setiap mata yang memandangnya. Berbagai teknologi terbarukan pun telah disediakan seperti akses wi-fi gratis,tempat duduk nyaman, pelayanan ramah, pendingin ruangan yang berfungsi baik, pencahayaan, scanner buku dan absen otomatis yang memudahkan absensi pengunjung ladang ilmu UIN Alauddin Makassar.

Seperti yang nampak setiap hari yakni mahasiswa dan mahasiswi sedang sibuk bercengkrama dengan laptopnya masing-masing dan buku yang terlentang menemani kesibukan mereka. Lanjut ke lantai dua, tiga dan empat, beberapa mahasiswa tengah asyik tertunduk dengan mata berbinar membaca rangkaian kata di halaman-halaman buku yang mereka pegang.

Tak perlu khawatir jika notebook yang di bawa mengalami lowbat, sebab perpustakaan cukup megah ini telah menyediakan begitu banyak colokan, bahkan setiap meja yang berisi empat kursi tersedia empat colokan listrik pula. Hal ini cukup banyak mengundang antusiasme mahasiswa dalam mengunjungi perpustakaan yang konon membosankan.

Tetapi bagi segolongan orang, buku itu memiliki sihir tersendiri yang mengundang kecintaan dan rasa penasaran para penikmatnya. Sihir tersebut dapat dibuktikan adanya puluhan bahkan mungkin ratusan mahasiswa yang berjubel melewati tangga berliuk saat jam istirahat tiba.

Sungguh kekeliruan besar jika ada orang yang mengatakan berkunjung di perpustakaan itu membosankan, sebab jika menyelami lebih dalam dan mencoba mencintai buku beserta tulisan-tulisannya, perpustakaan akan serasa menjadi rumah kedua. Cukup banyak waja serius di sepanjang deretan rak-rak besar yang tengah berusaha menyelesaikan tugas kampus atau hanya sekedar menambah wawasannya sebagai regenerasi penopang bangsa.

Segenap warga UIN Alauddin Makassar patut berbangga memiliki bangunan megah berisi segudang ilmu menunggu untuk di baca di dalamnya. Fasilitas yang berkualitas pun turut memanjakan para pengunjung perpustakaan. Hanya saja salah satu gerbang masuk pintu perpustakaan kurang lebih sebulan ini tidak di buka membuat pengunjung perpustakaan mengalami kebingungan sebelum ada tanda penunjuk.

Setelah penanda terpasang bahwa jalan masuk dikerucutkan kearah depan, barulah mahasiswa tidak lagi mengalami kebingungan. Diharapkan pembangunan dan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan terus digalakkan agar minat baca mahasiswa dan civitas akademika dapat di dongkrak naik sehingga generasi penerus bangsa yang berperadaban dan berintelektual tinggi dapat diwujudkan dan UIN Alauddin Makassar dapat dikenal sebagai pencetak orang-orang berpendidikan, berperadaban dan memiliki skill yang mumpuni dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang kian ketat. (*)

Baca Juga

Masjid Tua Katangka Berusia Empat Ratus Tahun Lebih

Tanamkan Pentingnya Merawat Fasilitas Kampus

Perpustakaan UIN Alauddin Dirancang Jadi Tempat Rekreasi

Pilkada Gowa Aman di Samata

Sosialisasi Minim, BRT Mamminasata Sepi Penumpang

Comment