Kelas Menengah Jadi Segmentasi Pendengar Fajar FM

Mahasiswa FDK UIN Alauddin Makassar di studio Radio Fajar FM dalam kunjungan studi lapang Selasa 29 Desember 2015. (foto: Selfika Lestari)
Mahasiswa FDK UIN Alauddin Makassar di studio Radio Fajar FM dalam kunjungan studi lapang Selasa 29 Desember 2015. (foto: Selfika Lestari)

Laporan : Nur Hijrah Rusdi dan Selfika Lestari
Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi Komunikasi Peyiaran Islam

Mahasisw Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Kelas B UIN Alauddin Makassar, melakukan kunjungan ke studio Radio Fajar FM 89,3 Mhz di lantai 3 Gedung Graha Pena Km 4 Makassar


Kunjungan tersebut dalam rangka menyempurnakan mata kuliah Jurnalistik Siaran Radio agar lebih mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh penyiar dan kru radio yang sesungguhnya, sehingga pemahaman kami selama ini yang hanya materi tentang teori penyiaran tidak mengawang-awang.

Tepatnya 29 Desember 2015, pada pukul 12:40 saya dan teman-teman star dari Kampus II Samata Gowa menuju studio Radio Fajar FM di Graha Pena. Di studio kami didampingi dosen penanggungjawab mata kuliah, Drs. Moh Yahya Mustafa, M.Si dan diterima seorang penyiar. Dia memberi info sambil sesekali masuk ke studionya memandu pendengarnya dalam acara musik. Info lebih detail diberikan oleh Kakak Jati selaku menejer program siaran di Fajar FM .

Kak Jati menjelaskan, Fajar FM konsentrasi pada basic berita, talkshow dan hiburan. Jadi porsi berita dan talkshow sekitar 80 persen dan sisa waktu adalah hiburan. Program utama itu berita dan talkshow, apalagi Fajar FM di backup langsung oleh media grup, Jawa Pos yang meliputi Fajar Grup, dan inilah kelebihan dari radio Fajar FM.

Fajar FM mulai mengudara pukul 05:30-24:00 kurang lebih 18 jam setiap hari. Pukul 05:30 ada program siaran sebut sebagai semangat pagi yang akan menyambut semua pendengar Fajar FM , kemudian akan ada kabar pagi dan berita tersebut telah diliput oleh reporter Fajar sendiri yang sudah diproduksi dalam bentuk recording yang tidak dibaca secara live tapi dibaca sebagai rekaman.

Ada juga berita yang dibacakan dari harian Fajar, Berita Kota, Ujungpadang Ekspres. Kemudian informasi arus lalu lintas, ada juga informasi BMKG untuk masalah cuaca , info pasar kami bekerja sama dengan Disperinda Sulsel. Itu semua disiarankan jam 06:00–08:00 WITA. Pada pukul 05:30 akan ada siaran Hikmah Fajar seperti acara religi tapi Fajar FM menyampaikan dalam bahasa sehari-hari agar para pendengar lebih mudah menangkap dan memahami hikmah yang terkandung dengan ibadah kita.

Pada pukul 08:00 – 09:00 akan ada obrolan pagi seperti diskusi talkshow, jam 09:00-12:00 akan ada public service atau keluhan layanan public, kemuadian pukul 12:00-15:00 akan ada hiburan (request) music yang lagi nge-hits, jam 15:00-18:00 akan ada café sore informasi terupdate yang kami rangkum dari media grup fajar sendiri dan kemudian akan di diskusiskan oleh para pendengar juga. Pada pukul 19:00 :21:00 akan ada hiburan lagi dan selebihnya itu hiburan lagi sampai pukul 24:00. Jangkauan siaran dapat terpantau mulai dari Pangkep, Maros, Makassar, Gowa dan Takalar.

Fajar FM mulai mengudara 2003 dan menginjak usia 12 tahun pada bulan Agustus. Sasaran segmentasi khalayak Fajar FM adalah kalangan kelas menengah keatas, tapi tidak menutup kemungkinan pada saat hiburan akan banyak sasaran remaja keatas seperti anak SMP, SMA mendengarkannya

Ada juga konten mungkhususkan pada lagu-lagu India, Selasa malam. Fajar FM memiliki penyiar 13 orang, tapi tidak semua dari 13 penyiar tersebut aktif karena sudah banyak yang dapat beasiswa lanjut stusi luar negeri. Fajar FM punya program breaking news yang memberikan informasi terupdate saat itu juga, jadi masyarakat mengetahui kejadian yang berlangsung pada saat itu juga yang di istilahkan dengan live report atau laporan langsung.

Pada poses pemberitaan biasanya proses produksi setelah diedit oleh editor maka akan dibacakan oleh penyiar dan akan termasuk dalam proses produksi , tapi tekadang juga ada berita dibacakan langsung, misalnya setiap ada update terkini akan dihadirkan langsung dan dibacakan oleh penyiar kecuali pada content berita, hasil reportase dari reporter atau recording. Kami mahasiswa ditantang untuk dapat mengambil peran membawakan live report langsung ke studio Fajar FM. (*)

Baca Juga

FDK UIN Alauddin Gunakan 68 Dosen Luar Biasa

Ramsiah Tasruddin, Lahir dari Lingkungan Keluarga Berlatar Plural

Dema FDK UIN Alauddin Gelar Kegiatan Akhir Tahun

Alumni KPI UIN Alauddin Bertekad Jadi Petarung

Aktivitas Mahasiswa Menuju Ciptakan Kampus Bermartabat

Comment