Dinkes Bone Tak Becus Cegah DBD

ilustrasi
ilustrasi

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone tak becus mengatasi masalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Bahkan pemerintah Kabupaten Bone diminta agar lebih responsif melakukan pencegahan serta penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Agepty.

Awal tahun 2016 ini, banyak warga, khususnya anak-anak positif menderita DBD. Namun, Dinkes Bone hanya mampu melakukan fogging. Hal ini dilakukan setelah ada laporan dari Puskesmas.


Sabri, salah satu warga yang ada dua anaknya terjangkit DBD mengharapkan ada respon lebih cepat dari Dinas Kesehatan terkait dengan mulai mewabahnya penyakit DBD tersebut.

“Walaupun tidak ada laporan tentang DBD ini, bagusnya setiap desa dilakukan memangmi fogging, kan memberantas penyakit DBD, jadi sebelum ada yang terkena baiknya dilakukan fogging,”ujarnya, Selasa (26/1/2016).

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Lingkungan Dinkes Bone, Yusuf mengatakan, bahwa pihaknya baru turun melakukan fogging ketika ada laporan dari Puskesmas.

“Kalau memang ada Info yang masuk di Puskesmas, selanjutnya Puskesmas menurunkan tim survei untuk melaksanakan penyelidikan epidemiologi dan menentukan sebuah lokasi layak untuk difogging atau tidak,”kata Yusuf.

“Kami sudah melaksanakan fogging, insya Allah semua laporan yang masuk akan kita pelajari dan bila memenuhi syarat kita segera melakukan tindakan fogging,”bebernya. (Yus).

Baca Juga

DKP Bone Dorong Produksi Budidaya Ikan

Ratusan Waria se Indonesia Timur Berkumpul di Bone

Penderita DBD di Bone Meninggal

Pengcab Judo Desak KONI Bone Gelar Rapat Anggota Tahunan

Comment