Musrenbang Pemda Bone Dikemas Tudang Sipulung

Musrenbang Pemda Bone Dikemas Tudang Sipulung
Musrenbang Pemda Bone Dikemas Tudang Sipulung

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dilaksanakan di Podium Lapangan Merdeka Watampone diKemas dengan Tudang Sipulung untuk membahas perencanaan pembangunan, khususnya diwilayah perkotaan, Senin, (15/02/2016).

Musrenbang ini dihadiri Bupati Bone Fahsar M Padjalangi di dampingi beberapa kepala Dinas, Lurah, Tokoh Masyarakat dan ketua RT/RW.


Disini, Fashar meminta agar pembangunan semua harus lahir dari musrenbang dengan anggaran untuk kecamatan tanete riattang memang cukup besar sebanyak Rp.21 M.

“Ini diperuntukkan pada sentra pembangunan perkotaan, saat ini pertumbuhan ekonomi kabupaten Bone sebesar 8,6 persen cukup tinggi karena adanya pendekatan pembangunan di empat sektor, sementara pembangunan pada infrastruktur jalan merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten Bone seluas 2472 Km sedangkan kontrak kerja dengan DPRD harus membangun jalan maksimal 185 km selama 5 tahun dan di tahun ke 2 Pemerintahan Bupati Bone sudah membangun kurang lebih 200 Km dan tahun ini 99 Km akan dibangun dan itu pun sudah melewati kontrak perjanjian pemerintah dengan DPRD. Ini Harus ada revisi kontrak pembangunan yang baru lagi. kami juga meminta Kesadaran semua lapisan masyarakat untuk menjaga kota tercinta kita ini agar bisa meraih Piala Adipura,”paparnya dihadapan peserta.

Dihadapan peserta, Andi Fashar berharap agar perencanaan pembangunan dapat berkesinambungan, tepat sasaran sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. “Untuk mencapai hal itu, kita harus bersama-sama ciptakan situasi dan keamanan yang kondusif. Kalau itu tercipta, niscaya iklim infestasi dan peluang bisnis akan semakin meningkat,” tegasnya.

Sementara Camat Tanete Riattang, Andi Saharuddin mengungkapkan selama ini Musrenbang dilaksanakan di gedung atau aula. Namun, siang tadi musrenbang digelar di podium dengan seperti tudang sipulung. “Saya selalu ingat bagaimana kita tudang sipulung dalam memutuskan sesuatu melalui musyawarah dan hasilnya selalu baik. Maka itu coba kami lakukan dengan melantai tanpa kursi. Ternyata suasana kekeluargaannya sangat kental terasa,” ujarnya kepada BERITA-SULSEL.COM.

Salah seorang warga, Musbir mengaku senang dengan pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan di tempat terbuka. “Ini bagus. Karena sama-sama duduk melantai bersama pak bupati, camat, dan anggota DPRD Bone. Ini yang namanya senasib sepenanggungan,” ujar Musbir.

Berdasarkan pantauan, kalau acara Musrenbang yang digelar di podium lapangan Merdeka Watampone itu digelar dengan mirip tudang sipulung. Nampak ratusan warga duduk melantai dan serius mengikuti acara. Yang juga diikuti oleh sejumlah anggota DPRD Bone dan pimpinan SKPD. (Yus)

Baca Juga

Polres Bone-Sinjai Amankan 20 WNA Asal India

Polres Bone Kembali Amankan 2 Pengedar Sabu

Terkait Masalah Pupuk, Bupati Bone “Dipanggil” BPK

Comment