Sekretaris Rektor Universitas Haluoleo Raih Doktor Sosiologi di UNM

Jamiludin
Jamiludin

BERITA-SULSEL.COM – Sekretaris Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Drs.H.Jamiludin, M.Hum, Kamis 10 Maret 2016, berhasil meraih gelar doktor sosiologi ke-101 dengan nilai sangat memuaskan dengan IPK 3,94 di PPs-Universitas Negeri Makassar (UNM). Rapat senat terbuka luar biasa itu dengan agenda ujian pomosi dipimpin Asdir 1 PPs-UNM, Prof.Dr.Suradi Tahmir, M.Si.

Pria kelahiran Muna 30 Oktober 1964 ini menulis disertasi berjudul, Reproduksi Kultural Kajian Tenun pada Masyarakat Muna. Selama penelitian mahasiswa S3 angkatan 2012 ini dibimbing oleh Promotor, Prof.Dr.Hj.Rabihatun Idris, M.Si dan Kopromotor, Dr.Sulaiman Samad, M,Si.


Tampil selaku penguji eksternal, Prof.Dr.Barlian, M.Si dan penguji internal Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, Prof.Dr.Suradi Tahmir, M.Si, Dr.Muh Syukur serta promoter dan kopromotornya.

Simpulan dari disertasinya, dari aspek pengetahuan penenun diperoleh dari pewarisan pengetahuan dari orang tua mereka. Aspek pengalaman ada yang sudah menekuni pekerjaan ini selama 20-60 tahun. Dari hal inovasi pengrajin tenun telah melakukan inovasi baru dengan menggunakan pewarna alami, katanya.

“Dari segi modal sosial pengembangan jaringan bisnis reproduksi kultural pengrajin dilihat dari aspek kepercayaan menunjukkan antara penenun dan pemiliki usaha, penenun dengan penenun serta antara penenun dengan pemerintah, LSM dan koperasi. Tak hanya itu para pengrajin berusaha mempertahankan jaringan yang sudah ada,”tegasnya.

Menurutnya, para pengrajin terus membentuk jaringan baru penjualan sehingga akses pasar meluas bukan hanya di Raha tetapi ke Buton, tingkat provinsi Sultra dan tingkat nasional di Jakarta.

Jamiludin tamat S1 Pendidikan Sejarah UHO 1987. Magister Kajian Amerika PPs-UGM 1996. Kaprodi Sejarah FKIP UHO 1998-2005. Pembantu Dekan II 2005-2012. Sejak 2015 menjadi sekretaris rektor.

Suami dari Dr.Hj.Darnawati, S.Pd,M.Pd serta ayah dari anak-anaknya, Muhammad Fadhil, Asa Asharyiah Mildar, Dani Ahmad Fauzi. Sekretaris Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Sultra 2008-2015.

Turut hadir dalam promosi, Wakil Rektor, I,II dan III UHO masing-masing; Prof. Dr. Larianda, M.Si; Prof.Dr.Silahuddin Hanafi, M.Pd dan Dr.Laode Koimani. Dekan FKIP, Prof.Dr.Lairu, M.Si, Dekan FMIPA, Drs.Zamrun, M.Sc, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Dr.Arifin Uta, M.Si. (*)

Baca Juga

Pangkep Sasaran Promosi Universitas Sawerigading

Universitas Sawerigading Makasar Sosialisasi di SMAN 1 Bajeng Gowa

Kemiskinan Masyarakat Pesisir Sangat Parah

Comment