Peserta UN di Pinrang Terkendala Jaringan Peserta UNBK Gunakan Modem

ilustrasi
ilustrasi

PINRANG, BERITA-SULSEL.COM – Dua ruangan di SMK Negeri 1 Kabupaten Pinrang terkendala jangkauan jaringan yang ada di sekolah. Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK Negeri 1 Pinrang terpaksa menggunakan modem jenis boalt guna memenuhi kebutuhan jaringan saat pelaksanaan ujian akhir di Sekolah itu.

Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer SMK Negeri 1 Pinrang, Andi Rifky mengaku terkendala dengan jaringan pada saat mengikuti UNBK yang dilaksanakan pada jam pertama dengan Mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Jaringan terganggu, sehingga kami kesulitan untuk meloading saat hendak mengerjakan Pelajaran yang diujikan,” katanya usai mengikuti ujian di SMK Negeri I Pinrang, Senin (04/04/2016).


Pengawas UNBK SMA Negeri 1 Pinrang, Jamaluddin mengatakan, guna mengantisipasi gangguan jaringan, pihak sekolah terpaksa menggunakan modem boalt. “Ada dua ruangan yang mengalami kendala jaringan, sehingga terpaksa menggunakan modem saat ujian berlangsung,” jelasnya.

Penggunaan modem itu, kata dia, hanya digunakan saat peserta ujian mengisi jawaban yang telah disiapkan. “Untuk pengiriman jawaban ke pusat, kami tetap menggunakan jaringan wifi,” paparnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pinrang, Drs Sakri Chondeng mengatakan, untuk ruangan pelaksanaan UNBK di laboratorium 6 memang merupakan daerah yang sulit terjangkau untuk jaringan, sehingga harus menggunakan modem saat pelaksanaan UNBK di sekolahnya. “Lokasi itu memang agak sulit terjangkau jaringan yang dipasang di sekolah, sehingga harus menggunakan modem,” paparnya.

Sekertaris Provinsi, Abdul Latief mengatakan, hingga saat ini dirinya belum mendapatkan laporan kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan UNBK di sulawesi Selatan. “UNBK memang sempat kita khawatirkan, namun ternyata belum mendapatkan kendala apa-apa,” paparnya.

Terkait jaringan, kata dia, pihaknya telah berkordinasi dengan pihak Telkom untuk mengantisipasi jaringan yang gunakan pada saat pelaksanaan UNBK. ” Ternyata kendala berarti belum ada,” paparnya.

Peserta UNBK di SMK Negeri 1 Kabupaten Pinrang sebanyak 537 dan dibagi dalam beberapa section pelaksanaan UNBK, setiap ruangan menampung sekitar 20 peserta UNBK.(rdi)

Baca Juga

Jelang Ramadan, PM Pinrang Latih Dai se Ajetappareng

Laksanakan UANBK, Sekolah di Pinrang Siapkan Listrik Cadangan

Soal UAN di Pinrang Kurang

Comment