Mana Bupati Bone? Jalan Poros Kecamatan Amali Seperti Kubangan

ilustrasi jalan rusak
ilustrasi jalan rusak

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Masyarakat Desa Telle, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone mempertanyakan kinerja Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi. Mereka menuding bupati hanya banyak melakukan pencitraan. Tapi, dibalik itu, infrastruktur seperti jalan terabaikan.

Jalan poros di Desa Telle, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone yang menghubungkan tiga desa yakni Desa Ammessangeng, Manciri dan Timurung rusak parah. Pengendara yang melalui jalan tersebut mengeluh. Sebab badan jalan raya berkubang hingga beberapa kilometer.


Anggota DPRD Bone Adriana mengatakan, poros jalan Dusun Pollawareng yang tembus ke Desa Uloe memang mengalami kerusakan berat. Dianya pun berharap usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) menjadi skala prioritas diperhatikan mengingat kondisi jalan saat ini sangat memprihatinkan.

“Harapan saya agar pemerintah daerah tidak menutup mata dengan kondisi yang seperti ini, kasian masyarakat kecil,” ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Bone ini, Kamis, (21/4/2016).

Sementara itu, warga yang berdomisili di Desa Telle, Amali juga mengeluhkan jembatan poros jalan tersebut. Sebab, hampir setiap hari kendaraan melintas di jembatan rusak dan dikhawatirkan jatuh ke sungai sedalam 10 meter dari permukaan.

“Kalau mau lewat pelan-pelan, karena jembatannya yang terbuat dari kayu dikhawatirkan akan runtuh,” ujar Andi Syamsu Alam.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (PU-SDA) Kabupaten Bone telah melakukan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) sejak Maret 2016 lalu. Namun, jumlah usulan pembangunan infrastruktur hanya 359 usulan dengan taksiran dana yang dibutuhkan sebesar Rp6,1 Triliun.

Kepala Dinas PU dan SDA Bone, Sudirman, mengatakan sebanyak 359 usulan pembangunan jalan, pengairan, dan jembatan diterima Dinas PU dan SDA dari 27 kecamatan se-Kabupaten Bone.

“Keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Bone, sehingga tidak semua usulan tersebut dapat diterima tahun ini,” paparnya. (*)

Baca Juga

Lagi Polres Bone Amankan 4 Pengedar Narkoba

Danny Pomanto “Bakar” Semangat Kartini Makassar

Pemkot Makassar Terima Tanah Hibah untuk Jalan di Untia

Comment