Aminah Umar : UNSAW Cetak Ratusan Sarjana Tehnik

St. Aminah Umar
St. Aminah Umar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – St. Aminah Umar, kelahiran Pammase, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, 17 Januari 1978, dari pasangan H. Umar Malatta, BA dengan Hj Radiah. Menikah dengan Usman, S.Sos seorang anggota Polri tahun 2002, kini sudah dikarunia tiga orang anak, yakni Nurzakiyah dewi Usman, Muh. Fachry Aditya Usman dan Muh. Afdhal Tri Wibawa Usman.

Melihat latar belakang pendidikan, dimulai dari pendidikan SD hingga SMA semuanya diselesaikan di Kabupaten Bone. St. Aminah menyelesaikan SD Inpres 6/75 Selli, Kab. Bone tahun 1990, SMP Negeri Ujunglamuru, Bone tahun 1993, SMA Negeri I Lapri tahun 1996.


Kemudian melanjutkan pendidikan sarjana (S1) di STIMIK Dipanegara tahun 1996-2001. Setelah selesai kembali melanjutkan kejenjang pendidikan S2 di Unhas, mengambil jurusan Teknik Informatika Elektro, selesai tahun 2011, dengan judul penelitian “Konversi nilai dari jenjang Diploma Tiga ke jenjang strata satu yang menggunakan Algoritma Sistem Pakar”.

St. Aminah Umar, diterima menjadi tenaga pengajar di Kampus Universitas Sawerigading (UNSAW) sejak 2005. Bergabung di Unsaw tidak melalui proses pelamaran, tetapi dipanggil oleh pihak kampus untuk mengajarkan IT. Ketika itu Unsaw masih kekurangan tenaga dosen yang basicnya di bidang IT. Kurang lebih dua tahun mengajar baru kemudian terangkat menjadi dosen tetap pada yayasan pendidikan Sawerigading, yakni tahun 2007.

Kurang lebih 7 tahun bergabung menjadi tenaga pengajar di Unsaw, maka pada 2012 oleh pihak kampus memberikan kepercayaan menjadi Dekan Fakultas Teknik Elektro dengan dua konsentrasi bidang ilmu, yakni Listrik dan Telekomunikasi. Jabatan dekan masih tetap dijabat hingga sekarang ini.

Fakultas Teknik Elektro Unsaw memiliki sumber daya dosen sebanyak 8 orang dosen tetap, dengan membina mahasiswa teknik elektro sebanyak 197 orang. Dan sejak Fakultas Teknik Unsa dibuka tahun 1999, sudah mencetak ratusan alumni yang tersebar dan bekerja disejumlah instansi pemerintah maupun swasta.

Sebagai dosen, tentu berharap Fakultas Teknik Elektro Unsaw bisa semakin berkembang di waktu-waktu mendatang. Kemajuan yang ingin dicapai, tidak hanya sekadar memburu jumlah mahasiswa yang bisa diterima tetapi tetap mengendepankan kualitas.

Demikian luarannya pun bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Kemudian dosen yang dikaryakan di Unsa khususnya pada Fakultas Teknik Elektro minimal S2, seta memiliki keahlian dibidangnya masing-masing. (ulla/yahya)

Baca Juga

Rudi Hartono : Mendengarkan Radio Kunjungi Luar Negeri

Ahmad Syaekhu : Profesi Dosen Adalah Panggilan Jiwa Pendidik

Agusnia Hasan Sulur, Sang Penaluk Waktu Demi Karir dan Keluarga

Comment