Begini Harga Sembako Jelang Ramadhan di Sinjai

Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere pemantauan harga sembako di Pasar Sentral Sinjai, Minggu (5/6/2016).
Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere pemantauan harga sembako di Pasar Sentral Sinjai, Minggu (5/6/2016).

SINJAI, BERITA-SULSEL.COM – Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Sinjai mengalami lonjakan cukup signifikan. Berdasarkan pantauan di Pasar Sentral Sinjai, sehari jelang pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1437 hijriah, Ahad (5/6/2016) pagi, terdapat beberapa komoditi utama yang harganya mengalami kenaikan seperti cabe, cabe keriting dan bawang.

Harga cabe saat menyentuh angka Rp20 ribu per kilogram. Sementara cabe keriting berada dikisaran harga Rp25 ribu per kilogram. Pada komoditi bawang merah dan bawang putih, harganya saat ini mencapai Rp30 ribu dan Rp40 ribu per kilogram. Rata-rata kenaikan dari komoditi cabe dan bawang di Pasar Sentral Sinjai dikisaran dua ribu hingga 5 ribu rupiah.


Selain komoditi pertanian dan perkebunan, harga kebutuhan sehari-hari seperti gula pasir, telur serta daging sapi juga mengalami kenaikan. Harga gula pasir saat ini adalah Rp13 ribu, naik seribu rupiah dari harga sebelumnya yang hanya Rp12 ribu per kilo. Sementara telur ayam ras yang sepekan lalu masih ditemukan seharga Rp32 ribu per rak, kini sudah mencapai harga Rp39 ribu per rak. Begitupula daging sapi yang harga per kilogramnya saat ini mencapai Rp100 ribu per kilo.

Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere yang melakukan pemantauan Ahad pagi tadi, meminta kepada seluruh pedagang di Pasar Sentral Sinjai agar tidak begitu saja menaikkan harga barang terutama komoditi yang pasokannya berjalan lancar.

“Pedangang tak boleh seenaknya menaikkan harga tanpa persetujuan pemerintah setempat,” paparnya.(ilhe)

Baca Juga

Punya Motor dan Mobil, di Sinjai Masih Disebut Miskin

Berita Foto. Jaga Ketertiban, Babinsa di Sinjai Ajak Masyarakat Kerja Bakti

Begini Cara Kodim Sinjai Tangani Konflik Pilkada

Comment