Punya Motor dan Mobil, di Sinjai Masih Disebut Miskin

ilustrasi warga miskin di Kabupaten Sinjai
ilustrasi warga miskin di Kabupaten Sinjai

SINJAI, BERITA-SULSEL.COM – Program penuntasan kemiskininan di Kabupaten Sinjai tak tepat sasaran. Pasalnya, masyarakat yang seharusnya mendapatkan bantuan sosial untuk meningkatkan taraf ekonomi tak diberikan.

Hal ini disebabkan persepsi miskin pemerintah Kabupaten Sinjai disikit keliru. Pasalnya, mereka yang memiliki kendaraan bermotor ruda empat dan dua masih mendapatkan bantuan pengentasan kemiskinan.


Hal ini disampaikan praktisi hukum Kabupaten Sinjai, Ahmad Marzuki SH MH kepada berita-sulsel.com, Minggu (5/6/2016). Menurutnya, jika data yang disajikan Badan Pusat Statistik menyebutkan jumlah warga miskin mencapai 78 ribu jiwa dari jumlah penduduk Kabupaten Sinjai yang mencapai 234.886

“Sebagaimana data BKPM Sinjai 2013 jumlah penduduk dari BPS tahun 2013 mencapai 234.886, laki 113.599 jiwa dan perempuan 121.287 jiwa,” jelas Ahmad yang juga Ketua LBH Kabupaten Sinjai.

Berarti, Kata Ahmad, anggaran pengentasan kemiskinan dari APBD Sinjai yang mencapai Rp 15 miliar tak tepat sasaran. “Artinya ada warga yang tidak berhak yang menikmati anggaran itu. Bisa saja anggaran tersebut diberikan kepada keluarga para pejabat di Sinjai,” terangnya.

Ia juga berharap, penegak hukum, baik kejaksanaan, polisi maupun KPK bisa melihat masalah ini. “Disini pasti ada penyimpangan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai HM Sabirin Yahya yang dikonfirmasi membatah hal tersebut. Kata dia, jika memang data tersebut benar, berarti program yang dicanangkannya tak tepat sasaran.

“Jika itu benar, berarti ada perbuatan melanggar hukum dalam penggunaan penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran. Khususnya anggaran kesehatan. Data yang ada diambil dari kepala desa. Disini ada kesalahan dari kepala desa atau perangkatnya yang memberikan data asal-asalan,” ujarnya. (ilhe)

Baca Juga

Berita Foto. Jaga Ketertiban, Babinsa di Sinjai Ajak Masyarakat Kerja Bakti

Begini Cara Kodim Sinjai Tangani Konflik Pilkada

Petugas PLN Jual Listrik Curian Kepada Warga di Sinjai Selatan

Comment