Tim Pengendalian Inflasi Daerah Bone Siap Gelar Pasar Murah

Tim Pengendalian Inflasi Daerah Bone Siap Gelar Pasar Murah
Tim Pengendalian Inflasi Daerah Bone Siap Gelar Pasar Murah

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bone menggelar rapat koordinasi guna melaksanakan pasar murah jelang hari raya idul fitri di Ruang Rapat Sekda Bone, Kamis, (16/6/2016).

Rapat tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Bone, dan dihadiri Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan, Kadisperindag, FKMD, SKPD Terkait, BMPD Kabupaten Bone, TNI dan POLRI.


Dalam rakor TPID tersebut bertujuan mengantisipasi terjadinya inflasi yang cukup tinggi khususnya di Bulan Ramadhan 1437 H / 2016 M. Dari pantauan di lapangan selama bulan puasa ini terjadi kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok yang disebabkan oleh banyaknya permintaan.

Rakor TPID tersebut menghasilkan Agenda untuk Pelaksanaan Pasar Murah Menjelang Idul Fitri 1437 H / 2016 M yang akan digelar di Lapangan Merdeka Watampone pada Tanggal 28-30 Juni 2016 mendatang.

Sekretaris Daerah Pemkab Bone, H.Andi Surya Darma,S.E.,M.Si mengatakan bahwa pasar Murah nantinya akan digelar di Lapangan Merdeka Watampone dan diharapkan juga dapat membantu dan mengurangi beban masyarakat khususnya yang kurang mampu menjelang Idul Fitri 1437 H.

“Sesuai hasil rapat koordinasi tadi, tim TPID akan kembali menggelar pasar murah, ini bertujuan agar dapat membantu masyarakat, khususnya golongan ekonomi kebawah,”ujarnya.

Sekedar diketahui, dari data terakhir BPS Kabupaten Bone pada Mei lalu, Kota Watampone mengalami Inflasi (kenaikan harga) sebesar 0,28 persen. Kenaikan tersebut menyebabkan laju Inflasi tahun kalender (Januari-Mei 2016) sebesar -0,08 persen. Sedangkan laju Inflasi ”year on year” (Mei 2016 terhadap Mei 2015) di kota Watampone sebesar 2,30 persen.

Inflasi di kota Watampone terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks pada kelompok-kelompok barang dan jasa yaitu kelompok bahan makanan; makanan jadi, minuman, rokok & tembakau; perumahan, air, listrik, gas & bahan bakar. (Yus)

Baca Juga

Fahsar Minta SYL dan Ichsan YL tak Diadu Jelang Musda Golkar

Foto : Andi Rio Idris Padjalangi Sosialisasi Empat Pilar Bernegara di Bone

Comment