oleh

Nikmati Destinasi Toraja Dengan Ikut Lari Marathon

xnews20160802220515.jpg.pagespeed.ic.EigUB_1Oa3TORAJA, BERITA-SULSEL.COM – Toraja Marathon akan diselenggarakan pertama kali pada 13 Agustus 2016 di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Event olahraga ini akan mengangkat Toraja sebagai destinasi yang penuh tantangan melalui kategori-kategori lari mix road dan trail yaitu 42K, 21K, 10K dan 5K.

Pihak panitia menargetkan 1000 pelari akan bergabung di Toraja Marathon 2016 yang terdiri dari masyarakat umum, pelari nasional maupun mancanegara dengan memilih kategori lomba 5K, 10K, 24K (half marathon) dan 42K (full marathon). Untuk membantu peserta yang berasal dari luar Toraja, penyelenggara kegiatan juga menyiapkan paket perjalanan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan melalui website tersebut.

Titik start untuk kategori 5K dan 10K adalah Rantepao, Kabupaten Tana Toraja Utara, sementara untuk kategori marathon akan start di Makale Tana Toraja. Semua pelari akan finish kembali di Rantepao. Usai mengikuti lomba, pelari pun tidak akan rugi apabila menetap beberapa hari di Toraja karena akan digelar Internasional Toraja Festival yang menghadirkan pertunjukan musik oleh ratusan musisi etnik dari seluruh dunia.

Lari marathon dipilih untuk mempromosikan Toraja karena olahraga tersebut cukup popular di tengah masyarakat. Toraja Marathon menargetkan 1.000 peserta yang berasal dari wisatawan lokal dan mancanegara, serta pelari amatir dan profesional. Bahkan ada beberapa selebriti Tanah Air yang dikabarkan sudah dikut mendaftar.

Tana Toraja telah dikenal luas lewat tradisi ritus adat kematian yang sakral dengan mengorbankan puluhan kerbau dan babi. Kekayaan budaya ini membuat Tana Toraja dimasukkan dalam daftar sementara warisan budaya dunia oleh UNESCO (Inscription World Heritage-C1038).

Di Toraja Anda dapat melihat makam yang dipahat di tebing cadas Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, dan perkampungan Kete Kesu nan unik. Semuanya terpeliharanya dalam bingkai adat budaya karena masyarakatnya sangat menghormati leluhur dengan tetap menjaga pekuburan para leluhur.

Meskipun dari Makassar ke Tana Toraja memakan waktu 8 jam, namun lamanya perjalanan darat ini tidak menyurutkan semangat wisatawan. Sarana transportasi dan akomodasi di Tana Toraja juga sudah memadai sehingga ini menjadi tujuan wisata yang unik dan menarik. Untuk mendukung acara Toraja Marathon 2016 tersedia bus dari Makassar ke Toraja. Ada 256 bus setiap harinya, mulai dari kelas eksekutif sampai ekonomi dengan harga berkisar 100-250 ribu

Beberapa hari setelah Toraja Marathon akan digelar Internasional Toraja Festival yang menghadirkan pertunjukan musik oleh ratusan musisi etnik dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, Toraja Marathon dapat menjadi ajang pemanasan sebelum menonton Festival Internasional Toraja.

Informasi lebih lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi laman www.torajamarathon.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed