oleh

Pemerintah Didesak Percepat Realisasi Bank Tanah

-Bisnis, News-420 views
Pemerintah Didesak Percepat Realisasi Bank Tanah
Pemerintah Didesak Percepat Realisasi Bank Tanah

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Ketersediaan lahan yang layak menjadi salah satu faktor paling strategis dalam masalah pembangunan perumahan murah untuk masyarakat menengah ke bawah.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, ketika lahan dijadikan obyek komersial, maka tentunya harga akan terus naik dan pemerintah saat ini bisa dianggap gagal dalam hal pengendalian harga tanah khususnya untuk rumah murah.

“Masyarakat yang masih membutuhkan rumah sangat banyak, namun bila tanah semakin tinggi tanpa ada yang dapat mengendalikannya, maka tidak ada yang dapat membangun rumah murah lagi,” terang Ali seperti dikutip dari laman resmi IPW, Minggu (7/8/2016).

Ali mengusulkan, untuk itu perlu adanya bank tanah yang harus segera dibahas mengingat pentingnya instrumen ini untuk mengendalikan harga tanah dan memberikan jaminan ketersediaan lahan untuk pembangunan rumah murah.

Ali menjelaskan, bank tanah ini dapat dikelola oleh sebuah badan otonomi perumahan nasional, sehingga pemerintah dapat bertindak sebagai master developer yang menentukan arah pembangun rumah secara nasional.

“Lucunya saat ini yang menjadi penentu arah pengembangan perumahan nasional relatif adalah pengembang swasta. Pemerintah diharapkan serius untuk segera membentuk bank tanah sekaligus badan otonomi tersebut,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed