Enam Efek Samping Pil KB yang Perlu Diwaspadai Wanita

enam-efek-samping-pil-kb-yang-perlu-diwaspadai-wanita-glt15pwlkbBERITA-SULSEL.COM – Sebagian besar wanita yang telah menikah masih mengandalkan pil KB sebagai pencegah kehamilan. Padahal, ada sejumlah efek samping yang harus dihadapi wanita ketika rutin minum pil KB.

Efek samping dari minum pil KB adalah pembekuan darah, masalah mata, migrain dan depresi, infeksi jamur, sakit selama berhubungan seks dan gairah seksual menurun. Berikut penjelasan lengkapnya yang dilansir dari Boldsky.


Pembekuan darah

Salah efek samping yang tidak biasa dari konsumsi pil KB adalah pembentukan pembekuan darah abnormal dalam tubuh wanita, terutama jika merokok atau kelebihan berat badan. Sejumlah faktor risiko tersebut menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius.

Masalah mata

Salah satu efek samping yang aneh dari konsumsi pil KB adalah mendapatkan masalah mata. Di antaranya adalah mata kering, mata gatal dan penglihatan kabur.

Migrain

Sebuah studi telah menemukan bahwa berbagai wanita mengalami sakit kepala migrain ketika mengonsumsi pil KB. Namun, efek samping konsumsi pil KB ini hanya terjadi pada beberapa wanita.

Depresi

Suasana hati memburuk adalah efek samping yang sering terjadi dari konsumsi pil KB. Depresi juga dapat terjadi sebagai efek samping konsumsi pil KB pada beberapa wanita karena fluktuasi hormon yang mereka alami.

Kurang bergairah

Banyak wanita cenderung kehilangan gairah seksual ketika rutin minum pil KB. Tentu, hilangnya gairah seksual bisa menjadi masalah dalam hubungan pernikahan. Karena itu, konsultasikan kepada dokter Anda tentang efek samping minum pil KB secara rutin.

Infeksi Jamur pada miss V

Mungkin tidak aman minum pil KB secara teratur. Ketidakseimbangan hormon akibat minum pil KB teratur dapat menyebabkan infeksi jamur pada miss V dan kering.

Sakit selama berhubungan seks

Efek samping lain dari minum pil KB adalah wanita mengalami rasa sakit selama berhubungan seks. Hal ini karena ketidakseimbangan hormon menyebabkan nyeri panggul dan miss V kering.

Comment