Andi Mustaman : Sarjana yang Berkualitas Menjadi Penentu Kemajuan Bangsa

Andi Mustaman. BERITA-SULSEL.COM/IDRIS
Andi Mustaman. BERITA-SULSEL.COM/IDRIS

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Berbagai hari dan peristiwa penting, baik di tingkat nasional maupun internasional diperingati pada bulan September. Salah satunya, bagi kalangan akademisi yaitu memperingati Hari Sarjana Nasional setiap 29 September.

Meski demikian, keberadaan Hari Sarjana Nasional ini hanya sayup-sayup terdengar. Berdasarkan penelusuran, belum ditemukan sebuah keterangan mengenai landasan historis ditetapkannya 29 September sebagai Hari Sarjana Nasional. Bahkan, meski terdengar setiap tahun, belum ada selebrasi atau peringatan besar untuk memperingatinya.


Namun, bagi Ketua Yayasan Bhakti Bumi Persada yang membina STIE Wira Bhakti Makassar, Andi Mustaman menyampaikan Hari Sarjana Nasional adalah bentuk apresiasi untuk para sarjana yang telah berhasil mencapai strata intelektualitas.

Kata dia, sarjana menjadi salah satu penentu kemajuan bangsa. Pasalnya, mereka merupakan aset bangsa yang diharapkan memberi sumbangsih bagi pembangunan.

Menurutnya, peringatan Hari Sarjana Nasional bisa menjadi momentum para sarjana untuk melakukan evaluasi. Apalagi, saat ini masih banyak masalah terkait sarjana yang terjadi di Indonesia.

“Salah satu masalah utama yakni masih banyaknya sarjana yang masih menganggur, hingga kasus jual beli ijazah untuk memperoleh gelar tertentu. Maka dari itu kami harap semua pihak harus bekerja sama untuk menyetop sarjana abal-abal,” jelas tokoh pendidikan Kota Makassar ini.

Terkait permasalahn banyaknya sarjana yang menganggur, Andi Mustamana menantan mereka untuk tidak takut membuka lapangan kerja sendiri. Sebab, modal selama menjalani kuliah sebenarnya sudah sangat cukup. “Hanya keberanian saja yang kurang,” jelas mantan legislator DPRD Sulsel ini.

Lebih jauh Andi Mustaman menjelaskan, bahwa dirinya sebagai Ketua Yayasan yang membina STIE Wira Bhakti Makassar selalu berkomitmen untuk mengasilkan sarjana atau sumber daya manusia berkualitas yang siap bersaing secara global.

“Di kampus kami selalu mengedepankan kualitas, bahkan menyiapkan semua sarana dan prasarana penunjang. Sebab, kami lebih fokus pada fungsi sosial ketimbang urusan bisnis dalam mengelolah kampus,” beber Andi Mustaman

Baca Juga

STIE Wira Bhakti Makassar Ciptakan Sarjana dengan Life Skill

Kampus Ekonomi Ini Ciptakan Sarjana Anti Nganggur

Sarjana Harus Siap Hadapi MEA

Comment