2017, Perizinan di Makassar Bisa Diurus Secara Online

2017, Perizinan di Makassar Bisa Diurus Secara Online
2017, Perizinan di Makassar Bisa Diurus Secara Online

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – 2017 mendatang, mereka yang ingin mengurus masalah perizinan tak lagi harus antri di kantor Badan Perizinan Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Makassar. Pasalnya, sistem pelayanan akan menggunakan sistem online.
Tak hanya itu, layanan tersebut terintegrasi dengan sejumlah layanan perizinan yang tersebar pada sejumlah SKPD.

Hal ini disampaikan Kepala BPTPM Makassar, Taufiek Rachman mengatakan, revitalisasi gedung dengan menghimpun layanan pada SKPD terkait bakal mempercepat pelayanan perizinan secara virtual dengam skema satu pintu.


“Semua pelayanan perizinan akan terpusat di BPTPM, Kantor Balaikota Makassar, sehingga tidak terpisah lagi ke SKPD. Ini juga tentu akan memudahkan jika sistem online sudah diterapkan secara menyeluruh untuk perizinan,” jelasnya, Minggu (9/10/2016).

Menurutnya, pembangunan fisik gedung dan pengembangan sistem IT dilakukan secara simultan sehingga estimasi penerapan pelayanan perizinan secara online bisa terealisasi sesuai dengan perencanaan.

Adapun untuk pengerjaan fisik kantor BPTPM Makassar menelan anggaran sebesar Rp2 miliar yang sebagian besar merupakan revitalisasi dari bagian gedung Balaikota Makassar.

“Penerapan sistem online ini sebenarnya sudah kita mulai secara bertahap. Insha Allah, awal tahun depan sudah terlayani seluruhnya. Apalagi ini konsepnya terpadu sehingga terpusat di BPTPM,” ujar Taufiek.

Sejauh ini, BPTPM Makassar melayani penerbitan 18 izin utama, baik kategori perizinan maupun non perizinan yang menjadi acuan utama pembangunan maupun perekonomian di kota tersebut.

Sepanjang tahun lalu, lembaga yang dibentuk pada 2014 itu menerbitkan perizinan dan non perizinan sebanyak 26.336 izin. (ris)


Comment