Begini Cara Dinas Pendidikan Soppeng Dorong Pemenuhan Sumber Daya Manusia Berkualitas

Drs Lukman Msi
Drs Lukman Msi

SOPPENG – Menciptakan pendidikan berkualitas dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap pakai ditengah masyarakat bukan mudah dilakukan. Semu pihak yang terkait harus memiliki kualifikasi dan komitmen. Sebab, pembentukan dasar karakter manusia dimulai dari pendidikannya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng, Drs Lukman Msi kepada berita-sulsel.com, Selasa (18/10/2016). Kata dia, sejak diamanahkan menjadi kepala dinas, dirinya terus mendorong pemenuhan kualitas anak didiknya. Guna mencapai hal tersebut, dirinya terlebih dahulu mendorong tenaga pengajar atau guru.


“Pendidikan merupakan jembatan bagi seseorang untuk memasuki dunia kerja. Sedang persaingan dalam dunia kerja saat ini sangta ketat. Untuk itu, dibutuhkan pendidikan berkualitas,” jelasnya.

Kata dia, tingkat pendidikan anak di Soppeng sangat membaik. Hanya saja, proses masih perlu pembenahan agar lebih maksimal lagi.

“Jika tenaga pendidik berkualitas, maka murid yang ditelorkan juga memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik,” ujar mantan guru SMEA Tinambung Polmas ini.

Program khusus

Guna mencapai setiap target yang ditetapkan, yakni menciptakan sumber daya manusia yang berpendidikan dan berahlak, dirinya terus melakukan sejumlah terobosan. Termasuk pembenahan program dengan memilihat kebutuhan masyarakat.

“Saat ini saya fokuskan melanjutkan program yang telah dicanangkan pemerintah sebelumnya. Namun, hal utama yang ingin kami bentuk adalah menciptakan SDM berkualitas,” kata alumnus STIA LAD RI Makassar.

Menurutnya, setelah semua program sebelumya berjalan, dirinya baru melakukan pembenahan infrastruktur disetiap sekolah yang ada di Kabupten Soppeng.

“Jika program sebelumnya sudah berjalan dengan maksimal, maka saya akan fokus memperbaiki SDM guna terciptanya pendidikan yang berkarakter serta terarah pencapaianya,” jelas mantan Sekertaris BKD Kabupaten soppeng ini.

 

Ia menambahkan, untuk mewujudkan tenaga dan anak didik yang berkualitas, ada tiga elemen yang sangat berperang penting yakni orang tua, guru, serta masyarajat sekitar.

“Pendidikan di sekolah tak hanya evaluasi pengetahuan semata, namun lebih pada penanaman nilai norma, budi pekerti, estetika yang mulia,” tutup mantan Kasubdin Sarana dan Prasarana Dikmudora ini.

Biodata

Nama : Drs. Lukman Msi
Tempat tanggal lahir : Cabbeng 31 desember 1958

Pendidikan

– Sekolah dasar mapalakkae Tamat tahun 1970
– sekolah menegah pertama (SMP) Negeri Cabengge Tahun 1973
– Sekolah Menegah Ekonomi Atas (SMEA) Muhammadiyah tahun 1976
– S1 Ekonomi perusahaan ikip ujung pandang tahun 1983.
– S2 manajemen STIA LAD RI Makassar Tahun 2005.

Jabatan
1. Guru Smea Tinambung polmas tahun 1982
2. Guru Smea Muhammadya di Depdikbud Soppeng tahun 1991
3. Penilik generasi muda kecamatan lilurilau watan soppeng Tahun 1995
4. Kasubag keuangan di depdikbud Soppeng Tahun 1998
5. Pj kasubdin sarana dan prasarana di dinas dikmundora watan soppeng Tahun 2001
6. Pj kabag tata usaha di dinas dikmudora Tahun 2001
7. Sekertaris BKD kab soppeng. Tahun 2005
8. Kasubdin sarana dan prasarana di dinas Dikmudora. Tahun 2005
9. Kepala bidang PLS di dinas dikmundora. Tahun 2008
10. Kadis pendidikan tahun 2016.

Penulis : Henrik

Comment