Peluang Rio Berlaga di F1 2017 Menipis

AppleMark
RIO HARYANTO

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Upaya Rio Haryanto untuk kembali berlaga di ajang Formula 1 musim 2017 terus dilakukan. Namun jelang seri-seri terakhir, beberapa tim telah memutuskan pebalap yang berlaga untuk musim depan.

Paling baru, Force India telah memastikan Sergio Perez akan kembali berlaga bersama setelah memperbarui kontrak setelah GP Malaysia. Pebalap Meksiko ini akan kembali bersama tandemnya, Niko Hulkenberg.


Sampai saat ini sudah 5 tim F1 yang memastikan pebalap mereka untuk musim depan. Mereka adalah Mercedes, Ferrari, Red Bull, Mclaren, dan Force India. Stoffel Vandoorne jadi nama baru karena akan menggantikan Jenson Buton yang memustuskan cuti di kompetisi tahun depan.

Praktis tersisa enam tim yang masih mencari komposisi pebalap yang tepat. Mereka adalah William, Toro Rosso, Renault, Sauber-Ferrari, Haas-Ferrari dan Manor Racing.

Pay driver

Dari keenam tim tersebut Rio memiliki peluang di Sauber dan Manor. Kedua tim mengindikasikan memprioritaskan pay driver untuk berlaga bersama mereka. Tim lainnya sudah memiliki pebalap prioritas untuk dibidik untuk musim depan.

Saingan Rio di Manor, Alexander Rossi, belakangan mengakui kesempatan untuk kembali ke F1 cukup sulit. Rencananya, Rossi akan kembali serius di balapan Indy Car di Amerika yang membuatnya mendapatkan gelar Rookie of the Year. Kabar ini membuat saingan Rio berkurang.

Rio sendiri bukan tanpa usaha untuk kembali ke ajang balap jet darat ini. Saat ini ia bersama tim manajemennya terus berupaya mendapat dukungan dana guna berlaga tahun depan.

Kecewa

Di seri Singapura dan Malaysia, secara lokasi paling dekat dengan Indonesia, Rio mengaku kecewa karena tidak dapat berlaga. Namun ia berharap dapat segera mendapatkan kepastian untuk musim depan.

“Sangat disayangkan di dua GP yang dekat dengan Tanah Air, saya belum berkesempatan berlomba. Saya harap kabar baik akan datang secepatnya,” ucap Rio dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Berikut daftar sementara pebalap Formula 1 2017 seperti dilansir dari beberapa sumber

Mercedes:
Nico Rosberg, Lewis Hamilton

Ferrari:
Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen

Red Bull:
Daniel Ricciardo, Max Verstappen

Williams:
Calon pebalap: Valtteri Bottas, Felipe Nasr, Pascal Wehrlein, Alex Lynn, Lance Stroll

McLaren:
Fernando Alonso, Stoffel Vandoorne

Force India:
Nico Hulkenberg, Sergio Perez

Toro Rosso:
Carlos Sainz
Calon pebalap: Daniil Kvyat, Pierre Gasly

Renault:
Calon pebalap: Kevin Magnussen, Felipe Nasr, Valtteri Bottas, Esteban Ocon, Sergey Sirotkin, Jolyon Palmer

Sauber-Ferrari:
Calon pebalap: Marcus Ericsson, Felipe Nasr, Antonio Giovinazzi

Manor-Mercedes
Calon pebalap: Pascal Wehrlein, Esteban Ocon, Alexander Rossi, Rio Haryanto

Haas-Ferrari
Calon pebalap: Romain Grosjean, Esteban Gutierrez, Felipe Nasr

Comment