12 Desa di Soppeng Siap Gelar Pilkades Serentak

Surat Suara Pilkades di Bone Didistribusikan

Surat Suara Pilkades di Bone Didistribusikan

Surat Suara Pilkades di Bone Didistribusikan
pilkades

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Sebanyak 12 desa di Kabupaten Soppeng dijadwalkan akan melakukan pemilihan kepala desa (Pilades) serentak 13 Desember 2016 mendatang. Dari 12 desa, dua diantaranya juga akan melakukan pergantian antar waktu (PAW).

“Saat ini kami menunggu nomor register dari Provinsi. Sebab, disini sudah melakukan pembentukan panitia pemilihan,” jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Pemda Soppeng, Andi Agus Nongki kepada berita-sulsel.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (2/11/2016).


Kata dia, dari 12 desa, saat ini ada 2 kepala desa akan melakukan PAW, kepala desa sebelumnya meninggal dunia yaitu Desa Pising dan Desa Leworeng di Kecamatan Donri-donri.

Sedang kepala desa yang masa jabatannya berakhir 6 bulan kedepan, kata Agus, akan dilakukan pergantian dengan cara menggelar Pilkades tanggal 13 Desember mendatang.

“Kepala Desa yang ikut Pilkades tapi belum berakhir masa jabatan diharuskan cuti, siapapun bisa ikut mencalonkan diri, dengan cacatan harus warga Indonesia. Hal ini berlaku bagi warga diluar dari Kabupaten Soppeng,” ujarnya.

Agus mengatakan, Pemerintah Kabupaten hanya menjalankan regulasi tekhnis, sentara jadwal penyelengaraan pemilihan. Hal ini sesuai dengan undang undang peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2016, tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa serta peraturan bupati nomor 34 tahun 2016 mengacu pada peraturan pelaksanaan perda nomor 4.

Baca Juga

Tagihan Listrik Pemda Soppeng Hingga Rp5,1 Miliar

Begini Kepedualian Dinsos Soppeng Kepada Warga Terkena Musibah

Begini Cara Dinas Kehutanan Soppeng Jaga Hutan Lindung

“Pembentukan panitia pemilihan kepala desa dilakukan melalui badan permusyawaratan desa (BPD), “jelas Agus

12 Desa yang akan mengelar pemilihan yakni Desa Gattareng Toa, Gattareng, Goarie, Watu, Soga, Pattojo, Tetewatu, Masing, Pising, Leworeng, Lompulle dan Tinco.

(Henrik)


Comment