Perluas Imajinasi Anak lewat Kesenian

Perluas Imajinasi Anak lewat Kesenian
Perluas Imajinasi Anak lewat Kesenian

BERITA-SULSEL.COM – Ketika orangtua memberikan ruang kepada anak-anak mengenai pembelajaran seni, tentu anak juga akan mendapatkan banyak manfaat untuk kehidupan mereka.

Sebab, pendidikan seni tidak hanya membuat mereka menjadi generasi yang memiliki kreativitas tinggi, tetapi juga pelajaran kehidupan lainnya.


Hal inilah yang mendasari program Mari Menari, hasil kerja sama Namarina dengan Bentara Budaya Jakarta dan CSR Kompas Gramedia.

“Ini adalah seni untuk pendidikan sehingga anak-anak diberi materi dan nilai-nilai dasar dari kesenian agar bermanfaat untuk kehidupan mereka,” ujar Truli Rizki Ananda, penari dan juga fasilitator program tersebut, saat ditemui di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Nah, pelajaran seni ini selain menambah keterampilan anak, ternyata juga memiliki empat manfaat lainnya.

Boga, salah satu fasilitator dari Program Mari Menari, mengatakan, ada empat poin dari pembelajaran seni, yaitu menumbuhkan multi-persepsi, sikap kemandirian, merangsang imajinasi, dan kerja sama pada anak.

Dia mencontohkan, dalam kegiatan ini, para fasilitator mengajak anak-anak untuk bermain musik tanpa alat konvensional.

Para fasilitator ingin mencoba untuk mengajarkan kepada anak-anak bahwa mereka juga dapat bermain musik dengan alat-alat yang ada di sekitar mereka sehingga bisa mengerti bahwa barang apa pun bisa dialihfungsikan menjadi alat musik yang baik.

Selain itu, mereka juga dibiarkan secara mandiri untuk memilih instrumen mana yang akan digunakan.

Dengan demikian, imajinasi anak pun terlatih dan dapat digunakan untuk hal-hal di luar seni, seperti sains dan sosial.

Comment