Inilah Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Anda

Inilah Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Anda
Inilah Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Anda

BERITA-SULSEL.COM – Setiap orang membutuhkan vitamin. Jenis vitamin yang sering dikabarkan membawa manfaat besar bagi tubuh adalah vitamin C. Mengapa demikian?

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan demikian, vitamin ini sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit.


Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat mengakibatkan kerusakan struktur sel-sel di dalam tubuh. Antioksidan di dalam vitamin C inilah yang berfungsi sebagai penstabil molekul tersebut, sehingga mencegahnya merusak struktur sel.

Tak hanya sampai di situ, ternyata vitamin C masih memiliki manfaat lain.

Berikut beberapa di antaranya:

Mencegah kanker
Vitamin C dapat mengurangi kerusakan sel DNA, yang merupakan langkah awal invasi sel kanker ke dalam tubuh. Vitamin ini pun dapat mengurangi perubahan inflamasi yang memungkinkan sel-sel ganas berkembang menjadi tumor berbahaya. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat mengurangi kerusakan organ tubuh akibat efek samping pengobatan kanker dengan kemoterapi.

Meningkatkan imunitas
Karena berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin ini juga dapat memproduksi interferon –yaitu protein yang melindungi sel dari serangan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Membentuk kolagen
Vitamin C berperan dalam sintesa kolagen –protein yang banyak terdapat pada kulit, tulang, dan tulang rawan. Dengan demikian, vitamin C dapat membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini, dan membuat tulang lebih kuat.

Menjaga kesehatan jantung
Karena vitamin C berperan dalam menghasikan kolagen, maka vitamin ini dapat menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat struktur pembuluh darah dan otot jantung. Di samping itu, vitamin ini juga dapat mencegah perubahan sel-sel yang melapisi pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung.

Mengendalikan diabetes
Vitamin C turut membantu menurunkan kadar glukosa darah dan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kerusakan organ yang terjadi pada penderita diabetes. Menurut hasil penelitian, asupan 1000 mg dalam sehari dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga, dengan terpantaunya kadar glukosa di dalam darah, maka penyakit diabetes dapat dikendalikan.

Siapa sangka, vitamin yang begitu familiar dengan kehidupan sehari-hari ini ternyata memiliki segudang manfaat. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat sehatnya, jangan lupa untuk mengonsumsi 400 mg vitamin C per hari.

sumber : klikdokter

Comment