Andi Darmi, Perempuan Hebat dengan Dua Peran Berbeda

Andi Darmi
Andi Darmi

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Hidup adalah pilihan, kamu yang memutuskan berperan sebagai ibu dan wanita karir sekaligus tentu tidak mudah. Ibu dan Wanita Karir adalah dua peran yang sangat berbeda, kamu membutuhkan kemampuan manajemen waktu yang hebat. Kamu harus bisa membagi waktu antara keluarga, diri sendiri dan pekerjaan sekaligus.

Melakoni pekerjaan di kantor dan menjadi seorang ibu rumah tangga saat di rumah, merupakan tersendiri kaum wanita, termasuk Andi Darmi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Soppeng.


Wanita kelahiran Masewali 25 Desember 1963 lalu ini berhasil mengerjakan seluruh aktifitasnya dengan baik dan lancar, baik sebagai birokrasi begitupun perhatian kepada keluarganya.

Andi Darmi memiliki segundang pengalaman dan penghargaan yang cukup membanggakan. Sebelum diberi amanah menjabat sebagai kepala dinas, Andi Darmi telah menduduki sejumlah posisi dibidang lian.

Disamping kesibukannya, istri dari Ir Abd Haris Msi ini tidak lupa meluangkan waktunya untuk berkumpul bersama keluarganya. Diakuinya Dukungan dari keluarga merupakan support terbesar baginya dalam menjalankan tugasnya.

Untuk tetap menjalin hubungan yang baik dengan keluarganya, Andi Darmi selalu menyempatkan diri berkomunikasi walau itu hanya sebentar, setidaknya mengetahui keadaan suami dan anak-anaknya. Guna menyeimbangkan pekerjaanya, Andi Darmi berusaha mengatur prioritas pekerjaan dan keluarganya terlebih dahulu sebelum beraktifitas.

Menjalani pekerjaan di birokrasi sebagai kepala dinas, ternyata tak memnbuat alumnus Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini larut dengan pekerjaan. Ditengah kesibukan, ada tugas yang lebih besar dipundaknya, yakni keluarga.

Buatnya, tak ada yang lebih penting dari keluarga. Namun, dirinya tak lepas dari tangungjawab sebagai pelayanan masayarakat, dirinya selalu memberikan yang terbaik.

“Bekerja sebagai kepala dinas memang sangat menyita banyak waktu. Tak lepas dari itu saya tetap memperhatikan keluarga, dikarenakan mereka diatas segalanya, keluarga menjadi kunci keberhasilan sebuah pekerjaan,” Kata mantan Kaur Umum Dinas Kebersihan tersebut.

Saat ini, mantan kepala seksi sarana pariwisata ini sering terlalu banyak waktu di lapangan untuk melakukan pemantauan kegiatan bersama stafnya. Hal ini dilakukan guna menjaga kebersihan dan keindahan Kota Soppeng.

Ciptakan Budaya Bersih

Mantan Kabag SDM Kesra ini mengaku, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala dinas, fungsi koordinasi dan pengawasan di setiap kecamatan menjadi perhatiannya. Guna memaksimalkan hal tersebut, dirinya kembali menghidupkan rasa kebersamaan melalui gotong royong.

“Terkadang saya sudah di rumah, namun tetap menerima telepon dari staf atau masyarakat yang memiliki keluhan, saya langsung ke lapangan lagi mengecek dan menyelesaikan masalah mereka,” jelas ibu Andi Wafiah ini.

Baca Juga

Peringati HUT ke 5, Nasdem Soppeng Gelar Doa Kebangsaan

Warga Protes Proyek Sumur Bor Desa Pising, Donri-donri Soppeng

Blangko E-KTP di Soppeng Habis

Biodata

Nama: Hj A Darmi SE
TTL : Masewali 25 Desember 1963
Agama : Islam.
Suami : Ir Abd Haris Msi
Anak 2: 1. Andi Wafiah Haris SH
2.Andi Nisrina Haris

PENDIDIKAN
– Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Masewali Tahun 1975
– Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Watan Soppeng Tahun 1979
– Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 200 Watan Soppeng Tahun 1982
– Strata satu (S1) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Tahun 1988

RIWAYAT JABATAN

– Kaur umum dinas kebersihan Tahun 1994 sampai 1998
– Kepala seksi sarana pariwisata dinas pariwisata Tahun 1998 sampai 2001
– Kepala seksi objek wisata dinas pariwisata Tahun 2001 sampai 2002
– kabag tata usaha dinas tata ruang perkotaan dan pemukiman Tahun 2002 sampai 2008
– kabid usaha ekonomi rakyat dan teknologi tempat guna/badan pemberdayaan masyarakat & pemerintahan desa. 01/10/2008 sampai 29/10/2008
Sekertaris dinas kebersihan dan pertamanan tahun 2008 sampai 2010
– kabag adm kesra tahun 2010 sampai 2016
Kepala dinas kebersihan 25/8/2016 – sampai sekarang.

RIWAYAT KEPANGKATAN

– CPNS III/a Tahun 1991 di tetapkan oleh meneteri dalam Negeri.
– penata Muda /IIIa Tahun 1993 di tetapkan oleh Menteri dalam Negeri.
– Penata Muda Tk 1/III b Tahun 1997 di tetapkan oleh Gubernur sul-sel.
– penata/IIIc Tahun 1999 di tetapkan oleh menteri dalam Negeri.
– Pembina Tk I/III d Tahun 2001 ditetapkan oleh Bupati Soppeng
– pembina / IV a Tahun 2003 di tetapkan oleh Gubernur sul-sel
– Pembina Tk 1 / IV b tahun 2007 ditetapkan oleh Gubernur sul-sel.

(Henrik)

Comment