Agar Rambut Tak Rusak, Yuk Rawat dengan Masker Alpukat!

Agar Rambut Tak Rusak, Yuk Rawat dengan Masker Alpukat!
Agar Rambut Tak Rusak, Yuk Rawat dengan Masker Alpukat!

BERITA-SULSEL.COM – Di antara penggunaan produk berbasis kimia beracun, cuaca ekstrem dan sering memakai alat-alat rambut yang panas, kondisi rambut tentu sudah semakin rusak. Ini bisa terlihat dari teksturnya yang kasar dan kering.

Untuk mengembalikan kondisi rambut menjadi sehat kembali, Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami, salah satunya adalah masker rambut alpukat.


Masker rambut ini dapat bekerja meresap jauh ke dalam folikel rambut, memperbaiki rambut kering, melindungi kutikula, meningkatkan kulit kepala menjadi lebih sehat dan mempercepat produksi folikel rambut baru.

Untuk membuat masker rambut ini, selain buah alpukat, Anda juga perlu menyiapkan bahan alami lain seperti telur, madu dan minyak almon. Atau jika tak ada, coba ganti dengan minyak zaitun. Berikut cara membuatnya dilansir dari Boldsky.

Langkah 1
Ambil setengah buah alpukat, kupas dan potong menjadi dadu kecil. Masukkan ke dalam blender dan hancurkan dengan baik, sampai membentuk menjadi pasta halus. Alpukat mengandung vitamin A, D, dan E yang dapat mengunci kelembaban di sel-sel rambut, memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan.

Langkah 2
Berikutnya, pisahkan satu kuning telur dari putihnya. Kocok kuning telur sampai berbusa. Campurkan dengan alpukat yang sudah diblender dan mencampurnya dengan baik. Pastikan tidak ada gumpalan dalam campuran. Telur, di sisi lain, kaya akan sulfur dan lesitin yang meningkatkan volume rambut dan menjaga kulit kulit kepala menjadi sehat.

Langkah 3
Tambahkan satu sendok makan madu untuk campuran dan aduk dengan garpu. Sekarang Anda sudah memiliki pasta halus tanpa gumpalan. Madu merupakan sumber kaya akan asam amino yang dapat mengunci kelembaban, menjinakkan rambut kusut dan membuat batang rambut lebih fleksibel.

Langkah 4
Untuk menambahkan nutrisi pada rambut, Anda juga dapat menambahkan lima tetes minyak almond. Minyak ini kaya akan vitamin E yang dapat memelihara rambut kering, dan patah-patah.

Langkah 5
Gunakan sisir bergigi lebar untuk menghilangkan semua kusut dari rambut Anda. Belah rambut menjadi beberapa bagian kecil dan kemudian sisir untuk menghindari kerusakan. Usahakan tak ada tekanan sedikit pun ketika menyisir.

Langkah 6
Oleskan masker untuk rambut Anda. Mulai dari akar, hingga ujung rambut. Rambut Anda harus benar-benar tertutup masker.

Langkah 7
Ikat rambut menjadi sanggul longgar, dan tutup dengan topi mandi. Biarkan masker alpukat hilang perlahan dengan mendiamkannya selama 45 menit. Kemudian, sampo dan beri kondisioner untuk rambut Anda seperti biasa.

Langkah 8
Peras lembut air dari rambut Anda. Bungkus dengan t-shirt lama untuk membuang kelebihan air, dan tidak ada rambut yang keriting. Kemudian, buka bungkus kepala, dan biarkan rambut kering secara alami.

Mudah kan cara perawatan alami ini? Coba ya di rumah dan rasakan hasilnya.

Comment