Walikota Makassar Bersihkan Laut dari Sampah

Danny Pomanto
Danny Pomanto

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto membersihkan laut dari sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Center Poin of Indonesia, Kamis, 16 Februari 2017.

Aksi bersih laut itu dilakukan walikota bersama lurah, camat, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup pemerintah kota Makassar. Selain itu, TNI dan Polri juga terlibat ditambah komunitas peduli sampah, komunitas bank sampah, pelajar, Pramuka, Saka Kalpataru, tokoh agama dan masyarakat serta perusahaan swasta yang beroperasi di Makassar.


“Sudah saatnya kita lebih peduli pada laut. Saatnya membersihkan laut dari sampah,” kata Wali Kota Danny.

Selama ini, lanjut Wali Kota Danny, pencemaran juga banyak terjadi di laut yang bersumber dari limbah buangan bangunan yang berdiri di sekitar areal pantai ataupun sampah yang terbawa arus saat pasang surut air laut.

Memusatkan peringatan HPSN di daerah pesisir mengingatkan pemerintah dan masyarakat jika laut juga membutuhkan perhatian dalam penanganan kebersihan.

Apalagi saat ini, Makassar baru saja dimekarkan menjadi 15 kecamatan. Bertambahnya kecamatan kepulauan Sangkarrang menegaskan posisi strategis daerah kepulauan dan pesisir bagi pemerintah kota Makassar.

Danny mengharapkan kepedulian terhadap kelesterian lingkungan tidak berhenti pada peringatan HPSN semata. Upaya menjaga kebersihan dan kelestarian harus terus digalakkan. (rilis)

Comment