Blangko e-KTP Kosong, 24.325 Warga Makassar Bisa Pakai Suket

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sebanyak 24.325 warga Kota Makassar belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Hal itu disebabkan belum adanya kepastian dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil terkait ketersediaan blangko e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nielma Palamba, mengatakan, 24.325 warga tersebut sudah melakukan perekaman, tetapi belum mendapatkan e-KTP. Sementara dalam setiap harinya sekurangnya 100 warga Kota Makassar mengajukan pembuatan e-KTP.


“Sekitar 100 orang yang mengajukan pembuatan e-KTP setiap hari. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai ketersediaan blangko dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ucap Nielma saat diwawancarai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Senin (27/02/2017).

Untuk mengakomodasi kebutuhan dokumen kependudukan selama blangko belum tersedia, Nielma mengungkapkan, warga bisa memohon surat keterangan pengganti e-KTP. Syaratnya, dengan membawa Kartu Keluarga ke kantor kecamatan setempat atau langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Makassar.

“Surat keterangan pengganti ini fungsinya sama seperti e-KTP, bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Kami juga sudah menyebar edaran ke sejumlah instansi untuk menerima surat keterangan pengganti e-KTP itu,” ujarnya.

Surat tersebut, lanjut dia, berlaku selama enam bulan dan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti asuransi, perbankan, BPJS, pernikahan, dan berbagai kebutuhan lainnya. Jika masa berlakunya sudah habis tetapi belum juga didapat kartu fisik e-KTP, warga diminta memperpanjang surat keterangan pengganti e-KTP itu.


Comment