Wakil Ketua DPRD Makassar Sebut Minimarket Ilegal Dibekingi Pejabat

Adi Rasyid Ali

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Adi Rasyid Ali menduga minimarket ilegal yang disegel oleh Pemkot Makassar beberapa waktu lalu dibekengi oknum Pejabat.

Ara sapaan akrab Adi Rasyid Ali menegaskan minimarket yang telah disegel pemerintah kota karena melanggar, namun tetap beroperasi. Sehingga dirinya yakin adanya oknum pejabat yang melakukan bekingan.


“Pejabat yang membekengi minimarket untuk memaksakan izinnya, mendapatkan pungutan dari minimarket,” katanya.

Lebih lanjut, Ara mengungkapkan pejabat Pemkot harusnya bersinergis dengan Wali Kota Makassar Danny Pomanto dalam membangun Kota Makassar. “Jangan ada oknum bermain kucing-kucingan dengan Wali Kota Makassar Danny Pomanto,” ungkapnya, Selasa, (21/2/2016).

Ara mendesak Danny segera membentuk tim investigasi yang independen terkait maraknya minimarket beroperasi melanggar izin. Legislator Demokrat ini menuding ratusan minimarket tanpa izin itu dibekingi pejabat pemerintah.

“Minimarket ini dibekingi beberapa oknum pejabat pemerintah. Saya mendesak pemerintah melakukan penertiban dan segera dibentuk tim investigasi adanya oknum pejabat yang membekingi,” kata Ara.

Menurutnya, ada oknum yang selama ini memberi kelonggaran kepada minimarket hingga mengabaikan izin. Sehingga, menjadi penyebab banyak minmarket yang melanggar, mulai dari izin mendirikan bangunan, SITU-SIUP maupun Izin Usaha Toko Modern (UITM).

Kata Ara, minimarket menjamur tak terkendali karena melanggar Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern. Salah satunya, kata dia, banyak minimarket yang dibangun berdekatan dengan pasar tradisional. Hal itu dianggap dapat mematikan ekonomi rakyat sekitar karena masyarakat lebih memilih beebelanja di minimarket.

Dia menilai pemerintah lemah melakukan pengawasan terhadap minimarket. Penindakan yang dilakukan selama ini dinilai tidak efektif. Pasalnya, laporan dari masyarakat, lanjutnya, meski sudah ditegur tapi tetap beroperasi. “Saya banyak mendapat laporan dari masyarakat bahwa banyak minimarket yang sudah disegel tapi tetap beroperasi lagi malah saya dapat informasi bahwa segel itu dibuang di got,” jelasnya.

Comment