40 Bendahara SKPD Pemda Soppeng Dilatih Soal Pajak

ilustrasi pajak

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar diklat perpajakan yang melibatkan 40 bendahara SKPD dilingkup pemerintah Kabupaten Soppeng, Rabu (5/4/2017).

Kepala BKPSDM Soppeng, Andi Mahmud mengatakan, melalui pelatihan mendorong pemenuhan kualitas pengelolaan administrasi perpajakan dilingkup pemerintah Kabupaten Soppeng. Para peserta akan mendapatkan materi penting beberapa tentang perpajakan mulai dari peran pajak untuk negara, tehnis dan simulasi penghitungan dan masih banyak lagi.


“Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Pematerinya dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Watampone dan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan soppeng,”tuturnya.

Andi Mahmud menjelaskan, diklat bertujuan membekali dan memberikan pemahaman kepada peserta guna meningkatkan pengetahuan mereka secara tehnis dalam pengelolaan administrasi perpajakan diunit kerjanya.

“Setelah pelatihan, dapat tercipta kelancaran pengelolaan administrasi perpajakan yang tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak yang hadir membuka diklat tersebut menekankan arti pentingnya perpajakan. Setiap peserta harus bisa memahami dan mengimplementasikan regulasi perpajakan serta mendukung kelancaran pengelolaan keuangan.

“Perpajakan memiliki peran penting bagi Negara, Diklat ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Soppeng dalam mendukung perpajakan. Jika ada permasalahan tentang perpajakan, diklat ini merupakan kesempatan untuk mengkonsultasikan hal tersebut,” kata Kaswadi.

Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Soppeng, Abdul Rochim menjelaskan, perpajakan memiliki peran penting dalam pendanaan negara yaitu APBN dan APBD.

“Salah satu sumber APBD yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) sumbernya dari pajak, kami terus melakukan sosialisasi perpajakan. Kami apresiasi dan berterima kasih kepada Pemkab Soppeng, khususnya kepada bupati dan BKPSDM yang telah melakukan kegiatan seperti ini,” kata Abdul Rochim. (Henrik)

Comment