Meriahkan Hari Bumi, Sintalaras UNM ‘Sapu’ Gunung Bulusaraung

Meriahkan Hari Bumi, Sintalaras UNM ‘Sapu’ Gunung Bulusaraung

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Beragam cara unik memeriahkan Hari Bumi yang setiap tahun dihelat tanggal 22 April. Termasuk yang dilakukan mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup Selaras (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar yang eksis sejak tahun 1984.

Pada hari Bumi kali ini, Dewan Eksecutif Sintalaras (DES), anggota muda, alumni dan dewan pembina Sintalaras menggelar aksi bersih di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN-Babul) tepatnya, di Gunung Bulusaraung Kabupaten Pangkep.


Dewan Pembina Sintalaras UNM, Achmad Yusran mengatakan, beragam upaya dapat dilakukan untuk mendukung dan mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup di muka bumi. Hal ini dilakukan untuk menjawab panggilan yang berhubungan dengan alam.

“Baik itu berinteraksi langsung dengan alam, mengenali dan menikmati keindahan alam. Kemudian tergerak untuk melindungi bumi. Salah satu bentuknya adalah melalui aksi bersih di Gunung Bulusaraung, Kabupaten Pangkep, lokasinya berada di area taman nasional. Hal itu juga bertepatan dengan rangkaian kaderisasi anggota muda Sintalaras yang akan menjadi pejuang lingkungan hidup dimana saja kelak mereka berada,” kata Achmad Yusran Minggu 23 April 2017.

Sementara itu, Ketua DES Sintalaras UNM Ihsan mengaku aksi bersih di gunung merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap bumi.

“Dalam momen Hari Bumi ini juga adalah rangkaian aplikasi langsung anggota muda Sintalaras terhadap upaya pelestarian alam. Sintalaras juga melibatkan pelajar yang tergabung dalam Sispala SMA Negeri 4 Kota Makassar,” jelas Ihsan yang akrab disapa Headlamp.(*)

Comment