Sambut Ramadan, NU Sulsel Gelar Halaqah Wasathiyyah Annahdliah

Sambut Ramadan, NU Sulsel Gelar Halaqah Wasathiyyah Annahdliah

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan mengadakan Halaqah Dakwah Wasathiyah An Nahdliah, Sabtu (20/5/2017) bertempat di Auditorium KH Muhyiddin Zain Universitas Islam Makassar.

Sekretaris PWNU Sulsel, Arfin Hamid dalam sambutannya berterima kasih atas kehadiran seluruh pengurus Syuriyah dan Tanfidziyah NU se Sulawesi Selatan.


Kemudian dalam tausiahnya Rais Syuriyah NU Sulsel, Anregurutta KH M Sanusi Baco banyak menyinggung tentang makna dakwah wasathiyah, menurutnya Al Wasathiyah biasa diartikan moderat, secara bahasa berada pada dua sisi, tidak berlebih-lebihan, Al Wasathiyah bisa dipahami sebagai umat wasathiyah yang berarti umat Islam, dimana disifatkan 3 hal yakni, umat yang adil, umat yang selalu menegakkan kebenaran, dan umat yang selalu menjaga keseimbangan dalam segala hal.

Memang salah satu definisi keadilan adalah keseimbangan antara kewajiban dan hak, kalau keduanya seimbang maka itulah umat wasathiyah, maka orang yang memiliki sifat wasathiyah biasanya adalah orang pemurah, jadi orang-orang NU itu semuanya pemurah, Ungkap Gurutta disambut tawa seluruh peserta yang hadir.

Disisi lain dalam berdakwah, NU senantiasa menjaga keseimbangan, menyebarkan nilai-nilai toleransi, Aswaja Annahdliah, serta selalu menganjurkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Gatot Edi Pramono dalam sambutannya banyak menyinggung tentang persatuan Indonesia, dimana Nahdlatul Ulama sebagai ormas Islam yang selalu menyuarakan dakwah toleransi, moderat dan selalu menjadi pelopor Bangsa ini.

Keberagaman Indonesia adalah sebuah keniscayaan, maka ini harus kita jaga bersama-sama. Tegasnya.

“Kita tahu perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia, tak terlepas dari perjuangan para Ulama Nahdlatul Ulama, berkat NU, maka NKRI sampai hari ini tetap terjaga, NU selalu bersuara untuk menjaga Pancasila”. Tambahnya.

Kapolri dalam salah satu acara pernah menyampaikan bahwa NU adalah teman terbaik Polri, olehnya itu kami berharap untuk bersama-sama menjaga kesolidan Bangsa ini.

Selain itu kegiatan ini bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional mudah-mudahan membawa keberkahan bagi kita semua. Tutupnya.

Wakapolda Sulsel turut secara resmi membuka Halaqah Dakwah Wasathiyah Annahdliah.

Adapun pemateri halaqah diantaranya Guru Besar UIN Alauddin yang juga Ketua Lembaga Dakwah NU Sulsel, Prof. M. Ghalib, Katib Syuriyah NU Sulsel, KH Ruslan, Rais Syuriyah NU Makassar KH Baharuddin HS, Ketua PW Muslimat NU Sulsel Majdah Agus Arifin Nu’mang dan salah satu Mubaligh NU Makassar Ust. Amirullah Amri. (Andy Muhammad Idris)

Comment