Pembubaran HTI, Wiranto: Pemerintah Tidak Mau Gegabah

HTI

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan organisasi masyarakat (ormas) yang bertentangan dengan Pancasila sudah tentu akan dibubarkan. Hal itu kata Wiranto juga sudah dibahas dengan Presiden Joko Widodo mengenai langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah.

“Kita sudah mendengarkan pernyataan Presiden bagaimana menangani ormas-ormas yang nyata-nyata bertentangan dengan ideologi negara. Dan memang di Kemenko Polhukam, tempatnya di situ,” kata Wiranto saat ditanyai tanggapannya mengenai isu pembubaran organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) usai jadi pembicara di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5)


Sejauh ini kata Wiranto pihaknya sudah sejak lama mempelajari perilaku ormas-ormas yang ada di Indonesia. Wiranto menegaskan jika keberadaan ormas tidak mengambil bagian dari satu proses pembangunan di Indonesia memang harus bubar. Wiranto pun mengakui pihaknya sebetulnya sudah mendeteksi keberadaan ormas yang bertentangan dengan Pancasila tersebut. Namun demikian dia tidak akan langsung gegabah untuk membubarkan.

“Ya, sudah (terdeteksi) tapi enggak bisa kita diskusikan di depan saudara-saudara sekalian. Tapi pasti pemerintah sudah melakukan langkah-langkah itu. Dan pemerintah tidak mau gegabah untuk melarang, membubarkan. Keberadaan ormas harus memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa ini,” beber Wiranto.

Mantan panglima ABRI era Suharto ini menegaskan kehadiran ormas di Indonesia tidak boleh justru mengganggu ketenteraman publik. Ormas pun imbuh Wiranto tidak boleh membuat ideologi negara jadi rancu.

“Kalau keberadaannya merancukan ideologi negara yang sudah kita sepakati, yang merupakan kesepakatan kolektif bangsa yang sudah final, tentunya tidak layak hidup di Indonesia,” demikian Wiranto.[RMOL]

Comment