Tahun ini, Dinas Pertanian Soppeng Fokus Tanam Bawang Merah

bawang merah

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Tahun 2017, Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Soppeng fokus menanam Bawang merah. Hal ini terlihat dengan luasnya lahan yang disiapkan yakni 3,5 hektar.

Kepala dinas Pertanian dan Holtikultura Soppeng, Fajar mengatakan, lahan disiapkan berada di Desa Gattareng Toa, Kecamatan Marioriwawo. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa mengajak masyarakat untuk membudidayakan bawang merah.


Baca Juga : Waspada, Angin Kencang di Soppeng Bisa Tumbangkan Pohon Asam

“Pembukaan lahan baru itu untuk penambahan lokasi yang sebelumya sudah ada, ini merupakan program dinas pertanian di tahun ini,” kata Fajar, Jumat (2/6/2017).

Menurutnya, pengembangan Bawang Merah tak semua lahan cocok digunakan. Desa Gattareng Toa dipilih karena memiliki tanahnya gembur punya sumber air memadai. Baca Juga : Lulusan SMKN 1 Soppeng Siap Pakai dan Mandiri

“Untuk budidaya bawang merah harus memilih lahan yang tepat. Tak baik jika terkena curah hujan yang tinggi, hal ini dapat merusak bibit tanaman,” ujarnya.

Fajar mengatakan, masa panen Bawang Merah hanya 56 hari. Sehingga, bisa panen hingga 4 kali setahun. Sedang bibit yang digunakan yakni varietas Bima, Nganjuk dan Palu. (Henrik)

Comment