Puasa, Khasiatnya dari Langsing sampai Awet Muda

BERITA-SULSEL.COM – Anda masih menjalankan ibadah puasa? Ternyata ada banyak manfaat yang didapat dari menjalankan puasa. Tak hanya menahan haus dan lapar, puasa memberikan kesehatan pada tubuh kita. Dokter asal Amerika Serikat, Josh Axe, mengatakan ada beberapa manfaat berpuasa. Apa saja?


Puasa sangat baik untuk menurunkan berat badanâ?¨
“Dalam sebuah penelitian, pasien non-obesitas kehilangan rata-rata 4 persen dari total lemak saat mereka berpuasa secara bergantian selama 22 hari,” kata Axe dalam laman pribadinya, Draxe.com. Tak hanya itu, Josh melanjutkan, tingkat insulin puasa mereka juga menurun.

“Dalam penelitian lain yang dilakukan pada orang gemuk, terjadi penurunan berat badan rata-rata 5,5 pon dalam periode delapan minggu. Tiga persen lemak tubuh juga hilang seiring dengan penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat,” ujarnya.

Puasa meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan manusia
Hormon pertumbuhan ini penting untuk membakar lemak. “Puasa sebenarnya bisa mengubah tubuh manusia menjadi mesin pembakar lemak yang efektif,” kata Axe.

Puasa terbukti memiliki efek bagus pada massa tubuh
Tak hanya bagus pada massa tubuh, tapi juga penanda kesehatan lainnya pada atlet profesional. Menurut Axe, hal ini terjadi karena puasa dapat secara efektif menumpas kelebihan lemak, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan otot.

Puasa dapat menormalkan kadar ghrelin.
Ghrelin dikenal sebagai hormon lapar, karena bertanggung jawab memberi tahu tubuh Anda saat Anda lapar. “Saat Anda berpuasa, kadar ghrelin di tubuh Anda menormalkan,” ujar Axe.

Puasa menurunkan kadar trigliserida.
“Puasa telah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang berarti juga menurunkan pembentukan trigliserida,” ucapnya.

Puasa dapat memperlambat proses penuaan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, puasa dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan manusia. “Hormon ini sebenarnya berhubungan erat dengan proses penuaan,” katanya. Artinya, puasa juga dapat membuat awet muda.

Comment