Bagi Makanan Gunakan Sarung Tangan, Miss Afsel Dicela Rasis

Demi-Leigh Nel-Peters

BERITA-SULSEL.COM – Gara-gara membagikan makanan kepada anak yatim pengidap HIV sambil memakai sarung tangan, Miss Afrika Selatan banjir kritikan.

Demi-Leigh Nel-Peters yang berusia 22 tahun, kemudian menghadapi tuduhan rasisme dari orang-orang yang marah di media sosial setelah gambar acara amal di Johannesburg yang dihadirinya beredar luas. Tapi Nel-Peters, yang adalah anak hasil perkawinan campur, membantah keras klaim yang dituduhkan kepadanya.


Ia mengaku mengenakan sarung tangan untuk alasan kebersihan karena dia bertugas memberikan makanan dari dapur umum. Namun Nel- Peters dianggap sengaja pakai sarung tangan saat menyentuh anak-anak kulit hitam.

“Saya hanya ingin melurus­kan sesuatu. Semua relawan di tempat itu memakai sarung tangan karena kami diberitahu itu adalah hal yang benar saat memberikan makanan kepada anak-anak di sana,” ucap Nel- Peters. “Itu mengapa kami mengenakan sarung tangan. Agar higienis.”

Meski sudah meminta maaf dan memberikan penjelasan di dunia maya, hal itu malah mendorong lebih banyak cel­aan terhadap Nel-Peters.

Warganet menggunakan hashtag #MissSAchallenge di Twitter, tantangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari mengenakan sarung tangan. Kemudian beredar gambar para pengguna Twitter ber­gaya sesuai tema tantangan tersebut.

Salah satunya, potret ses­eorang memakai sarung tan­gan karet saat mengguna­kan keyboard, disertai pesan, “kebersihan adalah hal yang utama.” Sementara yang lain menggunakan sarung tangan saat membaca buku, membuat minuman, dan masih banyak lagi.

rmol.co

Comment